UII-UTM jajaki kerja sama penelitian

id UII

UII-UTM jajaki kerja sama penelitian

UII (Foto Antara/Dina)

Jogja (ANTARA Jogja) - Universitas Islam Indonesia Yogyakarta dan Universiti Teknologi Malaysia menjajaki kerja sama untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian.

"Ke depan Universitas Islam Indonesia (UII) dan Universiti Teknologi Malaysia (UTM) diharapkan dapat terus menjaga komunikasi untuk merealisasikan penjajakan kerja sama tersebut," kata Wakil Rektor III UII Bachnas di Yogyakarta, Minggu.

Dengan demikian, menurut dia, ada kesempatan antara kedua universitas untuk bekerja sama mengadakan beberapa program seperti pertukaran dosen dan mahasiswa, penelitian bersama, dan kolaborasi seminar.

Ia mengatakan, pihaknya mengharapkan dengan jalinan kerja sama tersebut ke depan UII dan UTM dapat memajukan universitas masing-masing.

"UII memiliki beberapa keunggulan dalam bidang pengkajian teknologi seperti `disaster and risk management` dan `seismic hazard` yang merupakan spesialisasi dari Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP)," katanya.

Menurut dia, dalam rangka penjajakan kerja sama antara kedua universitas dan penawaran untuk melanjutkan studi di UTM, rombongan delegasi dari universitas Malaysia tersebut telah mengadakan kunjungan ke UII beberapa waktu lalu.

"Mereka menyatakan ingin bekerja sama dengan UII khususnya dalam bidang pendidikan keagamaan dan penelitian, karena kedua universitas memiliki kesamaan, yakni menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman," katanya.

Menurut dia, sebagai universitas tertua di Indonesia, UII terus berupaya meningkatkan kualitas lulusan dan mengembangkan sumber daya manusia khususnya tenaga akademik.

Hal itu, kata dia, dilakukan dengan memperluas dan memperkuat kerja sama dengan perguruan tinggi nasional maupun internasional baik dalam bidang akademik dan nonakademik.

"Kerja sama dengan perguruan tinggi nasional maupun internasional itu dilakukan melalui program pertukaran dosen dan mahasiswa, penelitian bersama, dan kolaborasi lokakarya dan seminar," kata Bachnas.
(L.B015)