Mahasiswa UNY manfaatkan kulit semangka untuk masker

id mahasiswa uny manfaatkan kulit semangka untuk masker

Mahasiswa UNY manfaatkan kulit semangka untuk masker

Buah semangka (Foto seruu.com)

Jogja (ANTARA Jogja) - Empat mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta memanfaatkan lapisan putih kulit semangka (Citrullus vulgaris Schrad) untuk bahan pembuatan masker yang bermanfaat bagi kesehatan kulit.

"Lapisan putih kulit semangka sebenarnya banyak mengandung zat yang berguna bagi kesehatan, salah satunya adalah sitrulin. Sitrulin merupakan salah satu zat antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan kulit," kata salah seorang mahasiswa Laila Dhunurain Rochmatika di Yogyakarta, Minggu.

Menurut dia, pada umumnya buah semangka hanya dikonsumsi pada bagian daging yang berwarna mencolok seperti merah dan kuning, sedangkan pada bagian lapisan putih kurang diminati masyarakat untuk dikonsumsi dan hanya dibuang menjadi limbah yang kurang dimanfaatkan.

"Pemanfaatan lapisan putih buah semangka saat ini tergolong masih kurang maksimal, padahal mengandung zat antioksidan. Oleh karena itu, kami menganalisis kandungan antioksidan pada masker wajah berbahan dasar lapisan putih kulit semangka," katanya.

Ia mengatakan, pemilihan semangka dalam penelitian itu karena semangka merupakan buah yang dikenal luas oleh masyarakat, mudah dijumpai di berbagai daerah, dan harganya relatif murah.

Penggunaan masker dari buah, menurut dia, merupakan salah satu cara mengembalikan kesegaran wajah. Manfaat masker selain melembutkan kulit, juga membuka pori-pori yang tersumbat karena kotoran, debu maupun sisa kosmetik yang tidak bisa hilang oleh pembersih biasa.

"Selain itu, masker juga dapat mengembalikan kelembaban dan kehalusan kulit serta menggantikan sel-sel kulit yang sudah mati dan dapat menjadikan otot-otot wajah menjadi rileks," kata Laila.

Selain Laila, tiga mahasiswa yang juga ikut dalam penelitian itu adalah Hesty Kusumastuti, Galih Dian Setyaningrum, dan Niken Istikhari Muslihah.

Mereka adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia dan Program Studi Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

(B015)