Bupati Sleman panen raya cabai

id sleman panen cabai

Bupati Sleman panen raya cabai

Petani cabai (Foto Antara/Wahyu Putro)

Sleman (ANTARA Jogja) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Purnomo, Selasa melakukan panen raya cabai yang dibudidayakan kelompok tani Purwa Agro Mandiri, Dusun Bunder, Desa Purwobinangun, Kecamatan Pakem.

"Saya memberikan apresiasi kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Purwa Agro Mandiri yang telah membudidayakan cabai dengan intensif," kata Sri Purnimo.

Menurut dia, budidaya cabai perlu sekali untuk dikembangkan lebih luas lagi, terlebih produksi cabe di Kabupaten Sleman pada 2011 mengalami penurunan dua persen dibanding produksi cabai pada 2010.

"Pada 2010 produksi cabai sebesar 4.123 ton, sedangkan produksi pada 2011 sebesar 4.053 ton," katanya.

Ia mengatakan, dalam mengembangkan budidaya hortikultura juga harus melihat kondisi pasar, jangan sampai membudidayakan suatu tanaman sayuran atau buah-buahan, namun hasil yang didapat tidak efisien, seperti terjadi over produksi.

"Karena itu para petani juga harus membekali diri dengan pengetahuan manajemen agribisnis," katanya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Sleman meresmikan Rumah Makan Petani di Bunder, Purwobinangun, Pakem.

"Dengan diresmikannya Rumah Makan Petani, yang dikelola Gapoktan Purwo Agro Mandiri ini diharapkan dapat menjadi sarana pemasaran produk olahan para petani anggota Gapoktan Purwo Agro Mandiri," katanya.

Ia berharap, keberadaan Rumah Makan Petani ini dapat mendukung pengembangan pariwisata di Kabupaten Sleman.

"Bahkan dapat menjadi alternatif objek wisata berbasis agro yang semakin banyak dinikmati wisatawan," katanya.

Ketua Gapoktan Purwo Agro Mandiri Inoki Azmi Purnomo mengatakan dibangunnya Rumah Makan Petani ini bertujuan untuk menampung hasil pertanian petani setempat.

"Selain itu juga produk-produk lokal petani agar lebih dikenal masyarakat luas dan yang terpenting produk tersebut laku dijual, yang pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan petani," katanya.

Ia mengatakan, ke depan Rumah Makan Petani tersebut agar lebih dikenal masyarakat luas, dengan menu asli dari masyarakat Purwobinangun dan yang lebih penting bahwa bumbu-bumbu tersebut hasil produk setempat yang dijamin keasliannya.

Sedang lahan tanaman cabai yang dipanen tersebut sebanyak 1.000 batang dan 1.500 batang jenis Jogger. ***2***

(U.V001)