"Remo" Sidoarjo meriahkan pertukaran budaya internasional Jinan

id remo sidoarjo meriahkan pertukaran

"Remo" Sidoarjo meriahkan pertukaran budaya internasional Jinan

Tari "Remo" (Foto antarafoto.com)

Jinan, China (ANTARA Jogja) - Tarian tradisional khas Sidoarjo, Jawa Timur, "Remo" ikut memeriahkan ajang pertukaran budaya internasional kota kembar Jinan, Provinsi Shandong, China, 21-23 September 2012.


Tarian tradisional "Remo" itu dibawakan enam pelajar sekolah menengah Al Falah di area wisata danau Daming, Jinan, Shandong, China, Jumat.


Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Sidoarjo Saiful Illah, Ketua DPRD Sidoarjo Daud Budi Sutrisno dan jajaran pemda Sidoarjo.


Bupati Sidoarjo Saiful Illah mengatakan penampilan tarian khas Jawa Timur "Remo" itu merupakan salah satu langkah untuk lebih memperkenalkan budaya Jawa Timur, khususnya Sidoarjo kepada masyarakat internasional.


"Penjajakan untuk menjadi kota kembar antara Sidoarjo dan Jinan, sudah dilakukan sejak lama dan pertukaran kebudayaan, pendidikan merupakan salah satu bentuk kerja sama yang akan dilakukan di masa datang," katanya.


Selain Sidoarjo, Indonesia, perwakilan dari beberapa kota kembar Jinan di 16 negara juga hadir menampilkan budaya khas masing-masing.


Wakil Wali Kota Jinan Zhang Haibo mengatakan di era globalisasi sangat penting untuk setiap negara menjalin kerja sama antara lain melalui pertukaran kebudayaan.


"Melalui pertukaran kebudayaan khususnya antara Jinan dengan beberapa kota kembar di beberapa
negara dapat ditingkatkan kerja sama dan kemitraan yang saling menguntungkan," ujarnya.


Selain penampilan kebudayaan dari masing-masing kota kembar Jinan, diadakan pula deklarasi kebudayaan dan pariwisata antara kota Jinan dengan sejumlah kota kembarnya di 16 negara.


Dalam rangkaian itu pula diadakan lokakarya tentang wisata air antara Jinan dan kota kembarnya di 16 negara.


(R018) 


 


Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar