Jokowi ikut berlari dalam Jakarta International 10K

id Jokowi

Jokowi ikut berlari dalam Jakarta International 10K

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo atau Jokowi (antaranews.com)

Jakarta (Antara Jogja) - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menjadi salah satu peserta lomba lari jalan raya 10 kilometer atau Jakarta International 10K 2013.

Partisipasi okowi menjadi peserta lomba lari tersebut merupakan aksi yang tidak terduga. Pasalnya, Jokowi dijadwalkan untuk memantau jalannya perlombaan dari tribun yang telah disiapkan oleh panitia acara.

Berdasarkan pantauan Antara di lapangan, pluit penanda dimulainya perlombaan ditembakkan oleh Jokowi tepat pada pukul 06.30 WIB dan puluhan ribu peserta segera berlari.

"Selamat pagi seluruh warga Jakarta. Siap berlomba? Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Jakarta International 10K 2013 saya nyatakan dimulai," kata Jokowi sambil menembakkan pistol ke udara di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Minggu.

Namun, tak lama kemudian, tak disangka-sangka, Jokowi turun dari podium dan bergabung, membaur dengan para peserta Jakarta International 10K 2013.

Aksi Jokowi itu sontak mengundang riuh rendah dan tepuk tangan dari para penonton. Mereka bersorak-sorak kencang sambil meneriakkan nama Jokowi berulang-ulang, memberi semangat agar gubernur itu berlari lebih cepat.

Jakarta International 10K merupakan salah satu bagian dari rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Jakarta ke-486. Kompetisi atletik ini telah digelar sejak 2004.

Perlombaan lari tersebut diikuti oleh lebih dari 35 ribu peserta, termasuk diantaranya 20 pelari elit internasional. Para peserta akan memperebutkan hadiah uang berjumlah total Rp900 juta.

Lomba lari jalan raya 10 kilometer itu dimulai dan berakhir di Lapangan Silang Monas Barat Daya, Jakarta Pusat. Rute yang ditempuh, yakni melalui Jalan MH Thamrin dan Jalan Jenderal Soedirman, kemudian berputar di depan Kampus Unika Atmajaya.

Penyelenggaraan Jakarta International 10K merupakan kerja sama antara Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) DKI Jakarta, Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) dan Nestle Milo.

(R027)