Siswa SMA ciptakan aplikasi HP khusus tunanetra

id handphone tuna netra, hp tuna netra

Siswa SMA ciptakan aplikasi HP khusus tunanetra

Ilustrasi penggunaan HP pada penyandang tuna netra. (Foto Antara/Erik Ireng)

Yogyakarta (Antara Jogja), Fadhil Kurniawan Seorang siswa SMA 3 Semarang menciptakan aplikasi handphone khusus penyandang tuna netra,  hasil inovasinya  ini ia menyabet juara II Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) Jawa Tengah tahun 2013.

Handphone sebagai adalah alat komunikasi yang memudahkan masyarakat untuk menelpon dan menirim serta menerima pesan singkat (sms) sebuah teknologi yang memiliki kemajuan sangat pesat, kini HP juga bisa digunakan untuk mengakses internet yang memuat banyak informasi dari dalam maupun luar negeri.

Selain itu alasan lain masyarakat menggunakan HP karena barang ini termasuk barang yang simple, bisa dibawa kemanapun orang suka, dan tidak memakan tempat karena bentuknya yang ramping.

Dengan teknologi yang ada saat ini, HP hanya bisa digunakan oleh orang normal pada umumnya. Namun orang-orang yang berkebutuhan khusus seperti tuna netra belum bisa merasakan kecanggihan yang ada di dalam HP, kadangkala untuk mengakses internet, menelpon atau mengirim pesan melalui sms saja tuna netra memerlukan bantuan orang lain.

Dengan aplikasi "H-Touch", kini orang-orang yang memiliki keterbatasan tersebut dapat merasakan bagaimana kecanggihan dalam HP, karena aplikasi yang merupakan inovasi dari salah satu siswa SMA 3 Semarang ini membantu para tuna netra untuk dapat mengirim SMS tanpa bantuan orang lain. Selain untuk SMS, aplikasi ini juga dapat membantu para tuna netra untuk melakukan panggilan dan membuat catatan.

Fadhil Imam Kurnia, mengaplikasikan input huruf braile pada handphone berlayar sentuh. Dalam aplikasi ini, seseorang hanya cukup mengeja kata yang akan diketik dan dikirim melalui SMS. Sebelum dikirim pun, kata-kata yang diinginkan akan dikoreksi kebenarannya, apakah sudah benar ejaannya.(ist)
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024