Sleman sosialisasikan zona integritas wilayah bebas korupsi

id korupsi

Ilustrasi (foto antaranews.com)

Sleman (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar sosialisasi "zona integritas wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani", Senin.

"Pejabat di Kabupaten Sleman telah menandatangani pakta integritas pada saat dilantik. Dan saat ini sedang dalam proses penandatanganan pakta integritas pada tingkat staf," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman Sunartono.

Menurut dia, penandatanganan pakta integritas merupakan bentuk komitmen bersama untuk tidak melakukan tindak korupsi.

"Penandatanganan pakta Integritas adalah langkah awal yang selanjutnya diikuti dengan penerapan SPIP, dan internalisasi pada tahap selanjutnya," katanya.

Ia mengatakan, beberapa instrumen telah dikeluarkan pemerintah dan semuanya berupaya untuk mewujudkan pemerintahan yang baik. Dari instrument-instrumen yang ada belum sepenuhnya efektif karena kurang dilakukan internalisasi.

"Agar instrumen dapat berlaku lebih efektif perlu dilakukan internalisasi agar bisa meresap mendarah daging dalam setiap individu pegawai negeri. Dengan demikian diharapkan Kabupaten Sleman ke depan akan lebih baik sebagai Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBK dan WBBM)," katanya.

Ketua penyelenggara sosialisasi yang juga Kepala Inspektur Kabupaten Sleman Suyono mengatakan zona integritas telah dicanangkan pada 14 Mei 2013.

"Kami juga telah menyosialisakan indikator keberhasilan dalam mencegah korupsi. Membangun Infrastruktur dalam mencegah korupsi dan merintis bentuknya unit kerja sebagai wilayah Bebas Korupsi (WBK) Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayai (WBBM)," katanya.

(V001)
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar