Ronaldo hadiahkan golnya kepada Eusebio

id pemain sepakbola Ronaldo

Ronaldo hadiahkan golnya kepada Eusebio

Pemain Real Madrid Cristiano Ronaldo. (ANTARA FOTO/REUTERS/Juan Medina) (antaranews.com)

Madrid (Antara/AFP Jogja) - Cristiano Ronaldo menghadiahkan dua  golnya pada kemenangan 3-0 Real Madrid atas Celta Vigo, Senin, kepada legenda sepak bola Portugal, Eusebio, yang meninggal dalam usia 71 tahun, Minggu.  
Sebelum pertandingan dimulai di Santiago Bernabeu, diadakan hening cipta selama satu menit diselingi gambar Eusebio dan Ronaldo serta para pemain kondang lain Real Madrid seperti Alfredo di Stefano pada layar lebar.  

Ronaldo mendapat kesempatan memberikan kata sambutan dalam peringatan kematian pemain yang memiliki julukan "Black Panther" itu.

"Saya berterima kasih kepada semua orang, khususnya kepada orang Spanyol yang amat baik dengan Eusebio. Bagi orang Portugal, amat penting, untuk mendapatkan sambutan hangat dari warga Spanyol dan ia mendapatkannya," kata Ronaldo.  

Ia merupakan seseorang yang amat dekat dengan saya dan gol yang saya ciptakan hari ini akan saya persembahkan untuk dia," katanya.  

"Ia banyak menolong saya di tim nasional dan merupakan contoh bagi kami. Rasanya amat sedih ditinggalkan seorang yang kami anggap sebagai tokoh sepanjang jaman," katanya.  

Kemenangan itu membuat Real mendekat lagi dengan pautan lima poin dengan Barcelona dan Atletico Madrid di puncak klasemen kompetisi La Liga.  

Tapi Real harus menunggu lama untuk mendapatkan angka, karena Celta bertahan cukup kuat, sebelum Karim Benzema membuka gol pada menit ke-23.

Ronaldo menambah angka mereka ketika mendapat umpan dari Dani
Carvajal dan Gareth Bale, sehingga jumlah golnya menjadi 29 pada musim ini.  

Mantan pemain Manchester United itu juga untuk pertama kali mengumumkan bahwa ia akan menghadiri upaca pengumuman pemenang penghargaan Ballon d'Or 2013, yang akan diadakan di Zurich pada 13 Januari.  

Sebelumnya, setelah diumumkan ia dan Franck Ribery serta Lionel Messi merupakan finalis untuk mendapatkan penghargaan itu, Ronaldo menyatakan ia tidak akan menghadiri acara itu di Zurich, menyusul komentar Ketua FIFA Sepp Blatter yang mengkritik kelakukannya di lapangan.  

Tapi akhirnya ia mengatakan, "Ya, saya akan datang ke acara itu."  

"Saya tidak tahu apakah akan baik seandainya saya menang atau kah Ribery atau Messi," katanya.  

"Saya selalu mencoba melakukan yang terbaik dan saya berusaha keras menolong Real Madrid untuk menciptakan gol. Bila saya menang rasanya menakjubkan, tapi bila saya kalah maka hidup saya terus berlanjut dan saya tetap merupakan orang yang sama," katanya.  
 
Penerjemah:A.R. Loebis