Korban Merapi dapat bantuan 497 sapi perah

id sapi perah bantuan

Korban Merapi dapat bantuan 497 sapi perah

ilustrasi sapi perah (Foto ANTARA)

Sleman  (Antara Jogja) - Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, segera menyalurkan bantuan 497 ekor sapi perah dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana kepada korban Merapi.

"Bantuan ini merupakan kelanjutan dari program pada 2012 yang rencananya sebanyak 600 ekor sapi, namun baru terealisir 100 ekor sapi perah," kata Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (DPPK) Kabupaten Sleman Widi Sutikno, Jumat.

Menurut dia, pada 2012 pihak pemenang lelang hanya mampu memenuhi 100 ekor sapi perah yang telah didistribusikan ke Dusun Batur, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan.

"Tahun ini kekurangan yang 500 ekor akan disalurkan. Namun karena satu calon penerima meninggal dunia dan dua lainnya sudah pindah tempat tinggal, maka sesuai kesepakan tidak bisa dipindahtangankan. Atas kesepakatan itu maka tahun ini jumlahnya 497 ekor sapi," katanya.

Ia mengatakan, sapi yang diberikan adalah sapi perah betina. Nilai nominal bantuan tersebut sekitar Rp7 miliar.

"Penerima bantuan sapi ada 16 kelompok yaitu di desa Kepuharjo dan Umbulharjo Cangkringan. Ditargetkan Maret dapat dilakukan pengadaannya melalui lelang LPSE. Pengadaan perlokasi kandang dan dilakukan secara serentak," katanya.

Widi mengatakan, dalam pengadaan �bantuan sapi tersebut diupayakan ada jaminan selama 10 hari sapi diberi makan dan jika sapi mati akan diganti dengan kualitas yang sama dan hal tersebut yang akan dituangkan dalam kontrak pengadaan.

"Sifat bantuan sapi tersebut `grant by name`, dengan maksud untuk pemulihan populasi sapi perah sebagai upaya untuk pemilihan ekonomi lokal," katanya.

Ia mengatakan, sebelum bencana erupsi Gunung Merapi 2010 di Cangkringan terdapat sekitar 7.000 ekor sapi perah dan saat ini ada sekitar 3.500 hingga 4.000 ekor sapi perah.

"Kenapa hanya dua desa tersebut yang mendapat bantuan, ya karena dua desa tersebut sebelum bencana memang sentra penghasil susu sapi dengan produksi bisa mencapai 15 ribu liter per hari," katanya.
(V001)
Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024