GLZoo kerja sama dengan BKSDA lepasliarkan merak

id glzoo kerja sama

GLZoo kerja sama dengan BKSDA lepasliarkan merak

Ilustrasi (Foto manado.antaranews.com)

Jogja (Antara Jogja) - Manajemen objek wisata Gembira Loka Zoo Yogyakarta bekerja sama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kota Yogyakarta akan melepasliarkan empat burung merak hijau ke Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

"Empat ekor burung merak hijau yang dilindungi itu merupakan hasil sitaan dari masyarakat oleh petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kota Yogyakarta," kata Direktur Utama GLZoo Yogyakarta KMT A. Tirtodiprojo di Yogyakarta, Rabu.

Di sela penandaan satwa tersebut di objek wisata GLZoo Yogyakarta, ia mengatakan hasil sitaan merak hijau yang akan dilepasliarkan tersebut selama ini dititipkan BKSDA Kota Yogyakarta kepada Gembira Loka Zoo (GLZoo).

Sementara itu, Kepala BKSDA Kota Yogyakarta Purwanto SH menjelaskan upaya pelepasliaran satwa dilindungi tersebut akan dilakukan oleh Direktur Konservasi keanekaragaman Hayati (KKH) Kementerian Kehutanan Bambang Dahono Aji.

Menurut dia, pelepasliaran empat ekor merak ke habitatnya akan dilaksanakan pada 11 dan 12 Desember 2014.

Sebelum dilepasliarkan, kata dia, burung merak tersebut perlu dimasukkan ke kandang habituasi. Hal itu dimaksudkan untuk mengenalkan empat burung tersebut ke lingkungan yang akan menjadi habitat sejumlah satwa itu.

"Empat ekor merak hijau itu sudah diperiksa kesehatannya. Hasil laboratorium cek darah dinyatakan kondisi merak tersebut bagus," kata Purwanto.

Dalam tahun ini, kata dia, GLZoo bersama BKSDA Yogyakarta juga telah melepasliarkan sejumlah satwa burung elang hasil sitaan ke habitat aslinya di kawasan hutan Kaliurang, Kabupaten Sleman, hutan Wonosari di Kabupaten Gunung Kidul, dan Sermo Kabupaten Kulon Progo.

(H008)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024