25.000 wisatawan padati Gembira Loka Zoo

id GLZoo

25.000 wisatawan padati Gembira Loka Zoo

wisatawan di Gembira Loka Zoo Yogyakarta (dok.GLZoo Yogyakarta)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Sebanyak 25.000 wisatawan dari berbagai daerah memadati objek wisata Gembira Loka Zoo Yogyakarta pada libur Tahun Baru 2017, Minggu.

Kepala Bidang Rekreasi Gembira Loka Zoo (GL Zoo) Hery Dharma mengatakan hingga kebun binatang ditutup, total jumlah kunjungan tercatat 25.000 orang. Jumlah itu meningkat tajam dari hari biasa yang rata-rata hanya berjumlah 1.000 orang per hari.

"Semua wahana ramai dimanfaatkan pengunjung," kata dia.

Menurut Hery, mengingat jumlah pengunjung yang meningkat signifikan dari hari biasa, maka transportasi keliling (taring) yang ada pada objek tersebut seluruhnya dioperasikan.

Menurut dia, GL Zoo mulai ramai pengunjung pada sekitar pukul 10.00 WIB. Selain "taring", dua unit perahu katamaran dan speedboad yang mengarungi danau buatan Mayang Tirta juga tidak pernah sepi penumpang.

"Para pengunjung pun rela berpanas-panasan antre untuk naik gajah tunggang," kata dia.

Pertunjukan sirkus satwa terampil yang digelar gratis bagi pengunjung, menurut dia, sampai digelar hingga enam kali pada liburan khusus Tahun Baru itu. Bukan hanya anak-anak yang tertarik menyaksikan sirkus satwa terampil, tapi juga pengunjung dewasa.

"Feeding time atau pemberian pakan bagi satwa harimau, simpanse, ular dan burung pecuk hitam juga diminati pengunjung," kata dia.

Menurut dia, jumlah kunjungan itu meningkat signifikan dibanding kunjungan pada Hari Raya Natal 2016 yang jumlahnya mencapai 20.000 orang.

Selain itu, jika dibandingkan dengan libur Tahun Baru 2016 jumlah kunjungan saat ini juga masih lebih tinggi, sebab pada saat itu jumlahnya hanya mencapai 21.500 orang.

Meski puncak kunjungan terjadi pada hari pertama Tahun Baru 2017, namun ia memperkirakan hingga Senin (2/1) GL Zoo masih dikunjungi ribuan orang yang belum sempat berlibur di kebun binatang tersebut.

(L007)