Pemkab minta operator bangun BTS daerah terpencil

id bts

Pemkab minta operator bangun BTS daerah terpencil

Ilustrasi (Foto Antara)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mendorong operator provider membangun menara pancar Base Transceiver Station di daerah terpencil, karena di wilayah ini terdapat lima kecamatan yang belum ada ada jaringannya.

Kepala Seksi Pos dan Telekomunikasi Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Gunung Kidul Frans Edi Wardhana di Gunung Kidul, Selasa, mengatakan seluruh kecamatan sudah terdapat jaringan telekomunikasi, namun memang beberapa desa belum mendapatkan jaringan telepon seluler. "Jumlah desa yang belum dapat menikmati jaringan mencapai puluhan lokasi," kata Edi.

Adapun daerah yang belum ada jaringan telekomunikasi yakni Kecamatan Girisubo bagian selatan, Kecamatan Tepus bagian selatan, Rongkop bagian selatan, sebagian kecil wilayah Tanjungsari, Panggang dan Purwosari. "Hanya kawasan tertentu saja yang tidak ada jaringan telepon," katanya.

Edi mengatakan pihaknya tidak bisa berbuat banyak terkait tidak adanya jaringan telekomunikasi. Yang bisa dilakukan pemerintah ialah dengan mendorong pihak provider membangun BTS. Namun demikian diakuinya provider lebih memilih wilayah perkotaan untuk membangun BTS. "Kami hanya mendorong provider membangun wilayah yang belum terjangkau," katanya.

Selain tanpa jaringan telepon, kata Edi, wilayah Gunung Kidul juga terdapat wilayah yang tidak bisa terjangkau siaran televisi. Adapun wilayah sebagian daerah Gedangsari, Nglipar dan Ngawen, sehingga masyarakat sekitar menggunakan parabola. "Kemungkinan karena sinyalnya tertutup bukit," katanya.

Kepala Dishubkominfo Gunung Kidul Purnama Jaya mengatakan pihaknya hanya bisa memberikan peta di mana saja wilayah yang sampai sekarang belum memiliki jaringan. "Kami hanya bisa memberikan lokasi mana yang belum ada jaringan telepon," katanya.

Diakuinya, jaringan telepon sangat diperlukan seiring dengan perkembangan pariwisata di Kabupaten Gunung Kidul.
"Jaringan telepon sangat diperlukan karena saat ini banyak wisatawan yang berkunjung ke Gunung Kidul. Tetapi, kami hanya bisa mendorong pihak provider membangun BTS di wilayah terpencil," katanya.

(.KR-STR)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024