Bupati Kulon Progo lelang koleksi batu akik

id akik

Bupati Kulon Progo lelang koleksi batu akik

Hasto Wardoyo (Foto Antara/Mamiek)

Kulon Progo (Antara Jogja) - Bupati Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Hasto Wardoyo akan melelang lima batu akik koleksi pribadinya pada pameran batu akik yang akan berlangsung Sabtu dan Minggu, 13-14 Juni di gasebo rumah dinas bupati.

Bupati Hasto di Kulon Progo, Selasa, mengatakan batu akik yang akan dilelang yaitu batu junjung drajat, lavender, batu bermotif gebleg renteng, sulaiman, dan panca warna. "Hasil lelang batu akik tersebut untuk membantu program bedah rumah bagi warga miskin," kata Hasto.

Ia mengatakan dirinya tidak begitu menyenangi batu akik, sehingga dilelang. Batu akik koleksinya merupakan pemberian dari kolektor. "Saya tidak begitu fanatik terhadap akik. Dari pada batu akiknya hanya tersimpan, lebih baik dilelang, dan hasil lelangan bisa digunakan untuk membantu warga miskin," kata Hasto.

Sementara itu, Ketua Panitia Pameran Batu Akik Fajar Gegana mengatakan ada 25 perajin lokal Kulon Progo yang akan mengikuti pameran tersebut.

Kegiatan ini, kata dia, diperuntukkan bagi perajin batu akik lokal, supaya dapat berkembang. Namun, ada beberapa perajin dari luar daerah yang tertarik mengikuti pameran itu. "Kegiatan ini dalam rangka memeriahkan Nyadran Agung Kulon Progo 2015," katanya.

Menurut dia, Kulon Progo memiliki kekayaan batu akik yang nilai jualnya tinggi. Di antara batu akik unggulan Kulon Progo adalah lavender dan panca warna yang memilki ciri khas warna merah dan unggu. "Potensi batu akik perlu dieksplorasi supaya meningkatkan perekonomian masyarakat," katanya.

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024