Arus mudik lingkar selatan Bantul ramai lancar

id arus mudik lingkar selatan

Arus mudik lingkar selatan Bantul ramai lancar

Ilustrasi (Foto antaranews.com)

Bantul (Antara Jogja) - Arus mudik yang melintas di ruas jalan lingkar selatan wilayah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Rabu atau H-2 menjelang Idul Fitri 1436 Hijriah terpantau ramai lancar.

Pantauan di jalan lingkar selatan, Rabu, kepadatan arus lalu lintas kendaraan baik dari barat ke timur dan dari timur ke barat tampak ramai dibanding hari-hari sebelumnya, namun lalu lintas tetap lancar dan tidak menimbulkan kemacetan.

Kepadatan arus lalu lintas yang didominasi kendaraan pribadi dengan plat nomor B (Jakarta dan sekitarnya) tersebut terlihat mengantre di setiap persimpangan lampu merah (alat pemberi isyarat lalu lintas) seperti di simpang empat Druwo dan Gondowulung.

Jalan lingkar selatan ini merupakan jalur mudik yang datang dari barat melalui Kabupaten Kulon Progo kemudian melewati Jalan Wates (Sedayu), kemudian ke arah timur menuju Kabupaten Gunung Kidul dan Surakarta melalui jalur selatan.

Sementara itu, antrean kendaraan juga terjadi di simpang empat Ketandan, Banguntapan, jalur utara-selatan merupakan jalan lingkar timur, sementara barat dari Kota Yogyakarta, sebaliknya timur dari Jalan Wonosari Piyungan Bantul.

"Arus lalu lintas di Ketandan dilihat dari volume normal (hari biasa) ada peningkatan, terutama kendaraan dari utara terus ke selatan, kemudian sebaliknya kendaraan dari selatan (jalan lingkar) ke arah timur," kata petugas Pospam Ketandan, Ipda Sukardi.

Sedangkan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul, Suwito sebelumnya mengatakan peningkatan arus mudik Lebaran 2015 yang melintas di jalur utama wilayah Bantul terjadi sejak H-5 dan puncak kepadatan diprediksi pada H-2 Lebaran.

Menurut dia, berdasarkan rapat koordinasi persiapan angkutan Lebaran terpadu DIY beberapa waktu lalu prediksi peningkatan volume kendaraan yang memasuki wilayah DIY sebesar 5,59 persen baik roda dua maupun roda empat.

"Sedangkan puncak kepadatan arus balik Lebaran 2015 diprediksikan pada H+2 dan H+3 Lebaran, sebab mayoritas pemudik khususnya pekerja sudah harus mulai kembali untuk bekerja dan beraktivitas seperti biasa," katanya.

Suwito mengatakan, beberapa ruas jalur utama mudik yang disiapkan di wilayah Bantul di antaranya sepanjang Jalan Wates Sedayu, Jalan Lingkar Selatan, Jalan Wonosari Piyungan dan Jalan Raya Srandakan.

(KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024