Wapres buka Konggres XV GP Ansor

id WAPRES KONGRES ANSOR

Wapres buka Konggres XV GP Ansor

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla berpidato saat membuka Silaturahmi Akbar dan Kongres XV GP Ansor di Pondok Pesantren Sunan Pandanaran, Sleman, Yogyakarta (26/11). (Foto ANTARA/Andreas Fitri Atmoko/15)

Sleman (Antara Jogja) - Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka Kongres XV Gerakan Pemuda Ansor di Pondok Pesantren Sunan Pandanaran, Sardonoharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis.

Peserta Kongres GP Ansor datang hampir dari seluruh Indonesia. Kongres XV GP Ansor berlangsung pada Kamis (26/11) hingga Sabtu (28/11) akan memilih ketua umum baru yang kini masih dijabat oleh Nusron Wahid.

Kongres XV GP Ansor menyatakan, kongres ini bertema Menjaga Keutuhan Bangsa, Memperkuat Kedaulatan Negara dan Meluhurkan Nilai Kemanusiaan.

Sejumlah kandidat ketua umum yang mulai bermunculan di arena kongres seperti Yaqut Cholil Qoumas (FKB DPR RI) yang merupakan putra dari KH Muhammad Cholil Bisri.

Kemudian KH Abdussalam Shohib yang juga Pengasuh Pondok Pesantren Manbaul Ma`arif, Denanyar Jombang. Serta Hery Azumi, mantan Ketua PB PMII dan Munadi Herlambang yang saat ini menjabat Pengurus Pusat GP Ansor.

Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam sambutannya menekankan pentingnya membangun sinergitas antara ekonomi dan menjaga keutuhan bangsa di tengah aksi terorisme yang terjadi di sejumlah negara.

"Jumlah masjid di Indonesia terhitung sangat banyak, meski demikian ekonomi kita masih belum kuat," katanya.

Menurut dia, memajukan ekonomi di negeri sendiri mutlak hukumnya, jangan sampai umat banyak yang hijrah ke negara lain karena hanya alasan ekonomi, bukan karena alasan keimanannya.

"Seperti yang terjadi di Suriah dan negara Timur Tengah lainnya," ujarnya.

V001
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar