DRC 2 diharapkan jadi wadah agen perubahan

id datsun

DRC 2 diharapkan jadi wadah agen perubahan

Logo Datsun (ANTARA News/Arina Suwanto)

Yogyakarta,(Antara Jogja) - Program Datsun Rising Challenge (DRC) 2 berupa kompetisi proposal bisnis berbasis pemberdayaan masyarakat diharapkan bisa menjadi wadah generasi agen perubahan untuk Indonesia.

"Oleh karena itu, Datsun mengajak `risers` di Yogyakarta untuk menjadi bagian dari solusi dalam mengatasi permasalahan sosial yang dihadapi Indonesia," kata Head of Communication PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Hana Maharani di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, DRC 2 berfokus pada kewirausahaan yang memberdayakan masyarakat untuk mengatasi permasalahan sosial (social entrepreneurship).

"Para peserta diundang untuk mendaftarkan ide dan proposal bisnis yang inovatif untuk pengembangan wirausahawan muda Indonesia yang memiliki kepekaan sosial," katanya.

Ia mengatakan setelah menggelar "roadshow" DRC 2 di Jakarta, Makassar, Bandung, Medan, Surabaya, dan Banjarmasin, PT NMI melalui "brand" Datsun melakukan sosialisasi DRC 2 di Yogyakarta.

"DRC 2 merupakan gelombang kedua dari program DRC pada 2013, saat para peserta diajak untuk mengajukan proposal ide wirausaha dan belajar tentang bagaimana membangun bisnis mereka secara berkelanjutan," katanya.

Sebagai kota pelajar, kata dia, Yogyakarta dipenuhi dengan kaum muda yang kreatif dan dinamis. Hidup dalam lingkungan yang menjunjung tinggi adat dan budaya yang sarat nilai, kaum muda di Yogyakarta memiliki solidaritas yang tinggi terhadap sesamanya.

Oleh karena itu, Yogyakarta merupakan kota yang tepat untuk menjadi salah satu tujuan "roadshow" DRC 2.

"Kami berharap dapat menemukan sosok agen perubahan yakni para wirausahawan muda yang mampu menciptakan bisnis bukan hanya untuk mendapatkan profit, namun juga bisnis yang berdampak baik bagi masyarakat sekitarnya," kata Hana.

Ia mengatakan untuk mensosialisasikan program DRC 2 kepada calon peserta di Yogyakarta, Datsun akan mengunjungi Universitas Muhammadiyah Yogya (UMY) dan mengadakan seminar kewirausahaan sosial.

"Kegiatan itu diharapkan dapat menginspirasi para calon `social entrepreneur` dengan pengetahuan terkini yang dibutuhkan untuk mendirikan dan mengembangkan bisnis, serta memberikan solusi permasalahan sosial di masyarakat dengan prinsip kewirausahaan," katanya.

Menurut dia, DRC 2 telah secara resmi dimulai pada 13 Oktober 2015 dan menargetkan lebih dari 2.000 proposal. Dua puluh proposal terbaik akan berkesempatan untuk berpartisipasi dalam lokakarya bisnis yang dimentori pakar dari beragam bidang.

"DRC 2 akan menyeleksi lima proposal terbaik dari seluruh Indonesia. Setiap pemenang akan mendapatkan satu unit mobil Datsun GO+ Panca dan uang tunai sebesar Rp50 juta, yang dapat digunakan sebagai modal awal usaha," katanya.

Setelah Yogyakarta, kata dia, DRC 2 akan melanjutkan "roadshow" terakhirnya di Palembang pada 17-18 Desember 2015.

"Untuk mengikuti kompetisi itu para calon peserta dapat mengunduh formulir pendaftaran DRC 2 dan meng-upload proposal bisnisnya di website www.datsun.co.id/drc hingga 20 Januari 2016," kata Hana.
(U.B015)
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024