PMI Bantul himpun dana Rp464 juta

id PMI Bantul himpun dana Rp464 juta

ambulans PMI (Antara Foto)

Bantul, (Antara Jogja) - Palang Merah Indonesia Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mampu menghimpun dana sebesar Rp464 juta selama program Bulan Dana PMI yang digelar pada tahun 2015.

"Kami apresiasi atas dukungan masyarakat dalam program Bulan Dana PMI 2015, apalagi jika dibanding 2014 ada peningkatan, tahun 2014 terkumpul sekitar Rp442 juta," kata Kepala Markas PMI Cabang Bantul Mufti Kamal usai serah terima Bulan Dana PMI di Bantul, Jumat.

Menurut dia, kegiatan bulan dana PMI rutin dilaksanakan setiap tahun dengan sasaran beberapa kelas ekonomi dan elemen masyarakat. Yaitu, kepala keluarga (KK) sejahtera I hingga KK sejahtera III plus, PNS di lingkungan pemkab, serta TNI/Polri.

"Iuran dari masyarakat dengan kupon, sementara untuk pegawai negeri sipil (PNS) dan TNI/Polri diambilkan dari gaji sesuai dengan SK (Surat Keputusan) Bupati," kata Mufti.

Menurut dia, kegiatan bulan dana penting bagi keberlangsungan PMI, karena donasi masyarakat menjadi salah satu sumber pendanaan PMI dan di Bantul biasanya bulan dana PMI diadakan pada bulan Juni hingga Agustus.

Selain donasi, kata dia, PMI juga mengandalkan bantuan dana hibah, namun demikian penggunaan dana hibah rigid karena harus sesuai peruntukkannya.

Ia mengatakan, donasi yang terkumpul akan digunakan untuk membiayai kegiatan-kegiatan sosial PMI, seperti operasional pelayanan mobil ambulans dan sosialisasi kesehatan, mengingat diakui PMI Bantul belum dapat mewujudkan salah satu misinya yaitu mandiri.

Namun demikian, kata dia, pihaknya ingin PMI Cabang Bantul nantinya bisa memiliki usaha sendiri, misalnya klinik pratama, sehingga tidak perlu menggalang lagi donasi melalui bulan dana, karena mampu membiayai dirinya sendiri.

Sementara itu, Penjabat Bupati Bantul Sigit Sapto Raharjo mengatakan, Bulan Dana PMI adalah kegiatan kemanusiaan, sehingga pihaknya mengapresiasi seluruh SKPD, BUMD, instansi swasta dan masyarakat yang berperan dalam bulan dana PMI 2015.

(T.KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar