Bekraf berencana berikan kursus "coding" untuk TKW

id Bekraf, TKW, coding,

Bekraf berencana berikan kursus "coding" untuk TKW

logo badan ekonomi kreatif (istimewa)

Yogyakarta, 21/7 (Antara) - Badan Ekonomi Kreatif berencana memberikan kursus "coding" atau bahasa pemrograman bidang teknologi informasi bagi para tenaga kerja wanita sebagai solusi memperoleh penghasilan secara mandiri.

"Kami akan mengadakan 'coding mom' bagi tenaga kerja wanita (TKW) di Singapura atau Hongkong agar mereka tidak perlu lagi bekerja sebagai pembantu rumah tangga di luar negeri," kata Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf di Yogyakarta, Kamis.

Triawan mengatakan "coding mom" atau pelatihan "coding" bagi ibu-ibu yang diselenggarakan awal 2016 terbukti mampu memberikan penghasilan paruh waktu bagi ibu rumah tangga.

Program yang digagasnya tersebut, menurut Triawan, telah mendapatkan tanggapan positif dari internasional, termasuk dari National University of Singapura (NUS) yang mengakui "coding mom" sebagai program pertama di dunia.

"Melalui pelatihan tiga bulan, mereka (ibu rumah tangga) terbukti bisa menghasilkan pendapatan dengan belajar 'coding'," katanya.

Oleh karena itu, dia berharap agar rencana untuk melebarkan pelatihan "coding mom" bagi TKW dapat segera terwujud sehingga mereka dapat kembali ke Indonesia untuk mengembangkan usaha mandiri.

Industri kreatif dengan basis teknologi informasi, kata Triawan, akan terus berkembang di Indonesia sebab dengan hanya dikerjakan dua atau tiga orang saja dapat memiliki "multiplier effect" yang besar.

"Seperti perusahaan Go-Jek dapat berkembang pesat karena dapat mengintegrasikan seluruh layanannya melalui aplikasi," katanya.

Menurut dia, pengembangan 16 subsektor ekonomi kreatif yang menjadi domain Bekraf, seperti arsitektur, desain interior, kuliner, desain komunikasi visual, penerbitan, serta periklanan akan sangat dipengaruhi oleh aplikasi perangkat lunak.

"Pertumbuhan 16 subsektor ekonomi kreatif kemungkinkan besar akan sangat tergantung pada kreativitas para pembuat aplikasi," katanya. ***1***

Pewarta :
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2024