Wisatawan asing meriahkan "Sleman Temple Run"

id candi boko

Wisatawan asing meriahkan "Sleman Temple Run"

Situs Candi Ratu Boko di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (Foto antarayogya.com)

Sleman, (Antara Jogja) - Lomba lari "Sleman Temple Run" yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu, diikuti ratusan peserta dari berbagai daerah, bahkan beberapa wisatawan asing juga turut memeriahkan.

Sejak pagi buta peserta dari berbagai daerah sudah berdatangan ke lokasi start di kawasan wisata Tebing Breksi, Kecamatan Prambanan, untuk mengikuti lomba lari yang menggabungkan olahraga dengan wisata sekaligus dan berhadiah total jutaan rupiah.

"Sleman memiliki beberapa candi yang letaknya berdekatan. Karena itu `event` ini sekaligus menggabungkan olahraga dengan wisata dan sepanjang trek pelari akan melintasi kawasan Candi Barong, Candi Ijo dan Kraton Ratu Boko," tutur Bupati Sleman Sri Purnomo dalam sambutan tertulis yang dibacakan Plt. Sekda Iswoyo Hadiwarno.

"Sleman Temple Run" diikuti hampir 600 pelari, beberapa di antaranya adalah pelari dari luar kota seperti Magelang dan Kudus, serta tampak beberapa pelari yang merupakan wisatawan asing dari Belanda dan Jerman.

Mengambil "start" dan "finish" di kawasan wisata Tebing Breksi, segera setelah bendera start dikibarkan, ratusan pelari tersebut segera menghambur mengitari Tebing Breksi untuk seterusnya melahap trek yang ditentukan.

Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Endah Sri Widiastuti mengatakan, trek sejauh delapan kilometer ini juga sangat menantang karena dipenuhi tanjakan dan turunan di areal perbukitan.

Dari kelompok pria tampil sebagai juara pertama adalah Nugroho dengan waktu kurang dari 1 jam, kemudian Juara II Risqi dan Juara III Wahyu Gunawan.

Sedangkan dari kelompok putri tampil sebagai juara pertama adalah Iriyanti, Juara III Miftahul Janah dan Juara III Linda Noviana.

Semua pemenang berhak mendapatkan medali, tropi, dan hadiah uang tunai Rp1 juta untuk kategori pertama.

Kemudian untuk kategori kedua adalah yang masuk peringkat 20 besar berhak mendapatkan Rp500 ribu.***1***

(V001)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024