BPBD DIY terjunkan tim khusus ke Aceh

id BPBD DIY terjunkan tim khusus ke Aceh

Tim Urban SAR BPBD DIY melakukan doa bersama di Kantor BPBD DIY, Rabu (7/12) sebelum berangkat ke Pidie Jaya, Aceh. (Foto Antara/Luqman Hakim)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Istimewa Yogyakarta menerjunkan tujuh tim dengan keahlian khusus ke kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh untuk membantu proses evakuasi korban gempa di daerah itu.

Manajer Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD DIY Danang Samsurizal di Kantor BPBD DIY, Rabu mengatakan tujuh tim khusus yang diberangkatkan terdiri atas dua orang tim assesment dari MDMC (Muhammadiyah Disaster Management Center) dan lima orang tim Urban SAR (USAR).

"Hari ini berangkat, sampai di Aceh langsung bergabung dengan operasi yang sedang berlangsung," kata Danang.

Danang mengatakan inisiatif pengiriman bantuan tim didasarkan pada informasi bahwa di Aceh masih kekurangan SDM yang memiliki kemampuan khusus di bidang pencarian dan penyelamatan di area perkotaan (Urban SAR), khususnya untuk penemuan lokasi serta pembebasan korban yang terjebak bangunan runtuh (Collapsed Structure Search and Rescue/CSSR).

"Ini berdasarkan data dan informasi. Sumber daya yang ada di sana banyak, namun yang (memiliki keahlian) khusus belum ada. Di Yogyakarta kebetulan ada. Kami pernah berlatih beberapa kali dan alatnya ada," kata dia.

Untuk sementara penugasan tim akan berlangsung hingga tiga hari karena berdasarkan informasi yang dihimpun dari BPBD Aceh kondisi darurat masih berlangsung dua hingga tiga hari ke depan. "Sampai di sana nanti mereka akan diarahkan oleh komandan tanggap darurat ke titik-titik rawan bencana," kata dia.

Menurut dia, tujuh orang yang diterjunkan ke Aceh hari ini merupakan tim awal yang memiliki kemungkinan penambahan jumlah. BPBD DIY, menurut dia, juga siap menyalurkan bantuan personel dan logistik dari masyarakat apabila masih diperlukan.

"Bencana kan tragedi kemanusiaan, ketika ada saudara kita yang sedang menderita ya kita bantu, intinya itu," kata dia.

Kabupaten Pidie Jaya dan sekitarnya diguncang gempa 6,4 SR yang berpusat pada 5.19 LU-96.36 BT, 18 kilometer timur laut Kabupaten Pidie Jaya atau 121 km tenggara Kota Banda Aceh pada kedalaman 10 km.

Berdasarkan data sementara dari BPBD Kabupaten Pidie Jaya sebanyak 25 korban tewas dan ratusan luka-luka akibat gempa.

(T.L007)














Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar