Legislator desak Pemda DIY tata jaringan kabel

id Jaringan kabel

Legislator desak Pemda DIY tata jaringan kabel

Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto (Dok istimewa)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Anggota Komisi A DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta, Eko Suwanto mendesak Pemerintah Daerah setempat segera menata jaringan kabel yang merusak keindahan, estetika dan pemandangan.

Eko di Yogyakarta, Jumat, mengatakan jaringan kabel tidak tertata rapi menyebabkan wajah tata Kota Yogyakarta terkesan buruk dan sangat mendesak untuk dibenahi.

"Kondisi jaringan kabel yang tidak tertata rapi di Daerah Istimewa Yogyakarta perlu segera dibenahi. Semerawutnya kabel komunikasi, kabel listrik merupakan wajah buruknya pembangunan infrastruktur setempat, ini harus segera dibenahi," kata Eko Suwanto.

Ia berharap pemerintah daerah (Pemda) DIY segera merespon kondisi yang sudah ada dengan langkah bersama pihak atau pemangku kepentingan terkait untuk duduk bersama melakukan evaluasi dan penataan.

"Ini tidak bisa semata dilakukan satu pihak. Instansi pusat dan daerah harus turun menangani masalah ini. Pemda harus gerak cepat atas masalah ini dengan duduk bersama baik instansi didaerah maupun dipusat. Komisi A juga akan segera memanggil Dinas Kominfo serta dinas terkait," kata Eko Suwanto.

Politisi muda PDI Perjuangan ini menambahkan kondisi kabel yang ditanam secara sembarangan misalnya, bisa berpengaruh buruk pada kualitas air tanah. Ada beberapa pekerjaan penanaman kabel yang mengabaikan aspek keamanan.

Langkah taktis, pemerintah daerah untuk segera undang instansi terkait, baik instansi pusat maupun daerah untuk duduk bersama dan melakukan evaluasi dan penataan diyakini bisa memberikan solusi permasalahan secara komprehensif.

"Semua pihak kami rasa, khususnya rakyat DIY tentu punya harapan penataan kabel yang baik akan mendukung usaha mewujudkan Jogja yang indah dan ramah lingkungan saat bangun aneka infrastruktur. Kesemrawutan ini harus segera diatasi untuk wujudkan Yogyakarta yang indah," kata Eko Suwanto.

(KR-STR)