IndonesiaNext bekali mahasiswa hadapi persaingan global

id telkomsel

IndonesiaNext bekali mahasiswa hadapi persaingan global

VP Sales and Marketing Area Jawa Bali Telkomsel Ericson Sibagariang (kanan) bertukar cenderamata dengan Rektor UII Nandang Sutrisno pada pembukaan IndonesiaNext 2017 di Auditorium Abdul Kahar Mudzakir UII Yogyakarta. (Foto Istimewa)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Telkomsel menyelenggarakan IndonesiaNext 2017 untuk meningkatkan kapasitas serta membekali dan mempersiapkan keahlian mahasiswa dalam menghadapi persaingan global yang lebih kompetitif melalui program sertifikasi.

"Sertifikasi merupakan salah satu modal mereka ketika memasuki dunia kerja," kata Vice President Sales and Marketing Area Jawa Bali Telkomsel Ericson Sibagariang pada pembukaan IndonesiaNext di Auditorium Abdul Kahar Mudzakir Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Selasa.

Ia mengatakan, saat ini millennials memiliki tantangan yang cukup besar dalam dunia kerja, mengingat persaingan yang sangat kompetitif. Untuk menjawab kebutuhan itu, Telkomsel menghadirkan program IndonesiaNext.

"Melalui pengembangan kemampuan dan pengetahuan, kami harap hal itu dapat meningkatkan daya saing mahasiswa, bahkan hingga ke tingkat global," kata Ericson.

Menurut dia, peserta yang lulus dari ujian sertifikasi pada program IndonesiaNext akan mendapatkan sertifikat keahlian yang dapat digunakan para mahasiswa sebagai Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI).

Pada tahap akhir program akan dipilih 30 peserta terbaik tingkat nasional yang berkesempatan untuk mengikuti program magang di Telkomsel. Selain itu, lima peserta terbaik akan mendapatkan "short course" di salah satu perusahaan ternama di luar negeri.

Di IndonesiaNext, kata dia, para peserta yang merupakan mahasiswa dari berbagai jurusan dan jenjang pendidikan perguruan tinggi akan berpartisipasi dalam seminar inspiratif yang menghadirkan para pembicara dari praktisi bisnis yang telah sukses di bidangnya.

Para pembicara itu antara lain Handry Satriago (CEO General Electric Indonesia), Sakti Makki (Co-Founder Makki Makki), Harry Nugraha (Country Manager Intel Indonesia), dan Aulia E Marinto (CEO Blanja.com).

"Seminar itu diharapkan akan membuka wawasan peserta untuk memahami pentingnya peningkatan mutu dan kompetensi sumber daya manusia agar dapat berkompetisi dengan tenaga kerja berkelas dalam skala global," katanya.

Dalam sesi pelatihan untuk sertifikasi, para peserta IndonesiaNext 2017 akan mendapatkan pelatihan yang mengasah kemampuan mereka dalam menggunakan perangkat lunak, serta kemampuan dalam berkomunikasi.

"Pelatihan yang berlangsung selama tiga itu akan memperkenalkan mahasiswa berbagai `skill` dan `knowledge` terkini terkait berbagai bidang seperti manajemen, ekonomi, teknologi informasi, sistem komputer, dan multimedia," katanya.

Ia mengemukakan rangkaian "roadshow" IndonesiaNext 2017 bertema "Get Ready to Be The Next" diadakan di enam perguruan tinggi di Indonesia, yakni Universitas Sumatera Utara (USU) Medan pada 3 Oktober, UII Yogyakarta (17/10).

Kemudian Universitas Indonesia (UI) Depok pada 24 Oktober, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya (7/11), Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung (14/11), dan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar (14/11).

Menurut dia, "roadshow" IndonesiaNEXT 2017 diisi dengan rangkaian acara berupa seminar yang akan memberikan inspirasi bagi para mahasiswa, pelatihan kompetensi, dan ditutup dengan program ujian sertifikasi tingkat nasional dan internasional.

"Pada tahun 2016 sebanyak 3.800 peserta dari 344 kampus negeri dan swasta di seluruh Indonesia telah mengikuti program sertifikasi yang didukung berbagai lembaga sertifikasi terpercaya baik skala nasional maupun internasional," kata Ericson.

Rektor UII Nandang Sutrisno mengatakan kegiatan seminar IndonesiaNext oleh Telkomsel itu sangat bermanfaat bagi mahasiswa UII khususnya dan kampus lainnya pada umumnya karena diisi oleh sejumlah pembicara yang mumpuni di bidangnya.

"Hal itu akan menambah wawasan bagi para mahasiswa serta mendapatkan sertifikat yang akan membantu mereka setelah lulus. Terima kasih kepada Telkomsel yang sudah menyelenggarakan acara IndonesiaNext di kampus UII," kata Nandang.

(U.B015)


















































































































Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024