Pasar Demangan akan dilengkapi angkringan segoro amarto

id angkringan

Pasar Demangan akan dilengkapi angkringan segoro amarto

ILustrasi. Penjual angkringan (Foto ANTARA/Heribertus)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Pemerintah Kota Yogyakarta bekerja sama dengan Badan Urusan Logistik akan membuka gerai ketiga kios Segoro Amarto yang akan ditempatkan di Pasar Demangan dalam bentuk angkringan.

"Kami rencanakan Angkringan Segoro Amarto akan dibuka pada Minggu (13/5). Bentuknya tidak kios tetapi angkringan karena menyesuaikan tempat di Pasar Demangan yang sangat terbatas," kata Asisten Sekretaris Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, angkringan tersebut akan ditempatkan di lorong pintu masuk Pasar Demangan dengan harapan bisa diketahui oleh konsumen sebelum berbelanja di pasar.

Seperti dua kios yang sebelumnya sudah dibuka di Pasar Beringharjo dan Pasar Kranggan, Aman menyebutkan Angkringan Segoro Amarto di Pasar Demangan juga memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai tempat referensi harga bahan kebutuhan pokok.

"Saat akan membeli bahan kebutuhan pokok di pasar, konsumen bisa melihat referensi harga di angkringan ini," katanya.

Meskipun demikian, lanjut dia, masyarakat juga bisa membeli bahan kebutuhan pokok yang dijual di Angkringan Segoro Amarto.

"Stok yang disiapkan di tempat memang tidak terlalu banyak. Jika masyarakat membutuhkan stok yang banyak, maka petugas bisa langsung berkoordinasi untuk mendatangkan stok yang diinginkan," katanya.

Sejumlah bahan kebutuhan pokok yang akan disiapkan di Angkringan Segoro Amarto di antaranya, beras, gula pasir, dan minyak goreng.

"Jika kios yang berada di Pasar Beringharjo dan Kranggan buka tiap hari, maka Angkringan Segoro Amarto di Pasar Demangan ini hanya akan buka tiap Minggu saja," kata Aman.

Kebijakan tersebut disebabkan, pedagang di Pasar Demangan biasanya menggunakan acuan harga bahan kebutuhan pokok pada Minggu untuk menentukan harga satu pekan ke depan.

Keberadaan kios dan angkringan Segoro Amarto tersebut, lanjut Aman juga menjadi bagian dari upaya tim pengendali inflasi daerah untuk mengendalikan harga bahan kebutuhan pokok di Kota Yogyakarta.

"Tugas TPID di tingkat kota adalah untuk membantu pengendalian harga melalui edukasi ke konsumen, sedangkan TPID DIY lebih memainkan peran pengendalian harga dari aspek distribusi," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024