Sleman menggelar pameran potensi daerah

id sleman

Sleman menggelar pameran potensi daerah

Kabupaten Sleman D.I.Yogyakarta (Foto ANTARA/ags) (Foto ANTARA/ags/)


Sleman (Antaranews Jogja) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, kembali menggelar kegiatan Pameran Potensi Daerah (PPD) 2018 di Lapangan Denggung pada 12 hingga 21 Juli.
   
 "PPD ini bertujuan untuk mengenalkan dan mempromosikan berbagai potensi daerah dan budaya yang terdapat di 17 kecamatan, produk unggulan UKM di Sleman," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman Tri Endah Yitnani, Selasa.
     
Ia mengatakan, pameran ininjuga untuk mengenalkan kinerja serta prestasi dan linovasi yang telah diraih kalangan pelaku usaha, pemerintah dan masyarakat di wilayah Kabupaten Sleman.
     
"Selain itu, PPD 2018 juga bertujuan untuk membangun citra Kabupaten Sleman sebagai daerah yang prospektif dan kondusif untuk investasi sekaligus untuk menguji kesiapan pelaku usaha, pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sleman dalam mewujudkan Sleman sebagai Smart Regency pada 2021 untuk menghadap'i pasar global, khususnya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2020," katanya.
     
Ia mengatakan, pada gelaran Pameran Potensi Daerah (PPD) 2018 yang mengambil tema "Sleman Kreatif Menuju Smart Regency" akan ditampilkan produk-produk UMKM Sleman dan produk seni/budaya yang kreatif.
     
"Produk-produk UMKM yang tidak hanya kreatif dalam hal desain, tetapi juga kreatif kemasannya, metode pemasarannya, dan proses produksinya," katanya.
     
Tri Endah mengatakan, selain itu dalam pameran ini diharapkan juga UMKM mampu menampilkan sisi "smart" yang menjadi pembeda dan keunggulan komparatif UMKM Sleman.
     
"'Smart' yang dimaksud adalah cerdas dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk memperluas pasar, cerdas dalam menjalin networking dengan UMKM lain, komunitas, dan instansi pembina, serta cerdas dalam memanfaatkan peluang kerja sama untuk mempertahankan 'sustainability' dan mengembangkan usaha yang berkelanjutan," katanya.
     
Ia mengatakan, pameran akan dilaksanakan selama 1O hari mulai dari 12 Juli sampai dengan 21 Juli 2018 dengan jam operasional mulai dari pukul 09.00 hingga 21.00 WIB di Komplek Alun-alun Denggung dan Gedung Serbaguna Sleman.
     
"Pembukaan pameran akan dilaksanakan pada Kamis12 Juli 2018 pukul 16.00 WIB oleh Bupati Sleman, diawali dengan Sleman IKM Carnival (SIC) yang dimulai pada pukul 12.00 WIB dengan start dari Lapangan Desa Sendangadi, Mlati dan berakhir di Lapangan Denggung," katanya.
     
Karnaval akan diikuti oleh sekitar 18 sentra IKM Sleman, delapan asosiasi dan komunitas IKM Sleman, UNY serta marching band AMY dengan jumlah penampi Iebih dari 1.200 orang.
     
"Sleman IKM Carnival akan memberikan penghargaan berupa uang pembinaan kepada penampilan terbaik, inovasi terbaik, dan koreografer terbaik dengan total nilai Rp14 juta," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024