Dispar Sleman persiapkan lava bantal raih API

id Lava bantal

Dispar Sleman  persiapkan lava bantal raih API

Objek Wisata Lava Bantal di Berbah, Sleman. (Foto dok Dinasa Pariwisata Sleman)


     Slemah (Antaranews  Jogja) - Dinas Periwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta mendorong masyakat di sekitar objek wisata Lava Bantal di Kecamatan Berbah dapat meraih penghargaan Anugerah Pariwisata Indonesia 2018 dengan mengajak masyarakat setempat mewujudkan Sapta Pesona.
       "Semakin dikenalnya Lava Bantal utamanya wisatawan domestik, kesiapan masyarakat yang berada di sekitar Lava Bantal perlu ditingkatkan dengan memasyarakatkan unsur-unsur Sapta Pesona yang meliputi aman, tertib, bersih, nyaman, indah, ramah dan kenangan," kata Kepala Bidang Pengembangan SDM dan Usaha Pariwisata, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Nyoman Rai Savitri di Sleman, Kamis.
     Menurut dia, hal ini dimaksudkan agar Lava Bantal yang saat ini sedang gencar dipromosikan melalui ajang Anugerah Pesona Indonesia dapat menjadi salah satu destinasi pilihan wajib kunjung wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Sleman.
     "Dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat di sekitar Lava Bantal terkait sapta pesona, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman bersama dengan Saka Pariwisata, Ikatan Dimas Diajeng Sleman, Komunitas Bersih Lingkungan dan masyarakat sekitar Lava Bantal akan menyelenggarakan sosialisai sapta pesona yang diikuti dengan  kegiatan bersih-bersih di Lava Bantal pada Jumat 7 September 2018 mendatang," katanya.
     Ia mengatakan, kesadaran masyarakat di sekitar Lava Bantal perlu ditingkatkan, utamanya terkait kebersihan di sekitar lokasi.
     "Dari informasi yang didapat dari beberapa pengunjung Lava Bantal, diketahui sebagian besar pengunjung mengeluhkan kebersihan. Banyak sampah yang berserakan dan mengganggu pemandangan di Lava Bantal," katanya.
     Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Sudarningsih, mengharapkan melalui kegiatan bersih-bersih DI Lava Bantal dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat terkait pentingnya menjaga lingkungan di sekitar Lava Bantal sehingga wisatawan yang berkunjung dapat semakin banyak dan menjadikannya sebagai destinasi wajib kunjung selama berada di Kabupaten Sleman.
     "Upaya mempromosikan destinasi yang terus dilakukan oleh Dinas Pariwisata akan menjadi sia-sia, manakala masyarakat di sekitar destinasi tidak peduli dengan destinasi yang ada di sekitarnya," katanya.
     Ia mengatakan, selain itu, sinergi sebagai kata kunci dalam pengembangan destinasi pariwisata, utamanya antarmasyarakat di sekitar destinasi perlu terus dikembangkan.
 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024