Pengusaha China pimpin Inter Milan

id inter milan

Pengusaha China pimpin Inter Milan

Ilustrasi Tim Internazionale Milan (Foto Antara)

Milan (Antaranews Jogja/Reuters) - Inter Milan menetapkan Steven Zhang, pengusaha asal China berusia 26 tahun, sebagai presiden baru klub itu.

Zhang, presiden ke-21 dalam sejarah 110 klub Italia itu, menggantikan Erick Thohir dari Indonesia yang sebelumnya menjabat selama lima tahun, dimana ketika itu Inter tidak berhasil meraih satu pun gelar penting.

Zhang merupakan anak dari Zhang Jindong, pimpinan kelompok usaha retail elektronik Suning Holding Group, yang membeli mayoritas saham klub itu pada 2016.

Ia sudah duduk di dewan direksi klub dalam dua tahun terakhir, dan efektif telah bertanggung jawab dalam kegiatan harian klub.

Inter Milan, juara Liga Champions tiga kali dan juara Liga Seri A Italia 18 kali, serta tujuh kali juara Copa Italia, terus berusaha bangkit sejak mereka meraih tiga trofi bergengsi itu sekaligus di bawah pelatih Jose Mourinho tahun 2010.

Luciano Spalletti merupakan pelatih ke-12 Inter sejak ditinggalkan Mourinho.

Setelah musim 2010-2011, Inter tidak mampu masuk tiga besar Seri A, sementara rivalnya Juventus telah memenangi trofi itu pada tujuh musim terakhir.

Inter musim ini mendapat slot di Liga Champions setelah enam tahun absen, itu pun setelah UEFA menambah jumlah jatah dari Seri A untuk babak grup dari dua menjadi empat.

"Saya sangat bangga hari ini terpilih untuk memandu klub ini menuju era baru," kata Zhang.

"Kami akan terus fokus pada performa tim kami, dan memastikan bahwa tim mendapat semua dukungan yang diperlukan untuk berkompetisi dan sukses di level tertinggi, baik di level domestik maupun internasional," kata Zhang.