Seluruh tiket KA lokal Daop 6 bisa dipesan lewat KAI Access

id Kereta lokal, tiket, KAI Access

Seluruh tiket KA lokal Daop 6 bisa dipesan lewat KAI Access

Ilustrasi kereta lokal Solo Ekspres saat melintas menuju Stasiun Tugu Yogyakarta (Eka Arifa Rusqiyati)

Yogyakarta (ANTARA) - Pembelian tiket seluruh kereta lokal di wilayah kerja PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta kini semakin mudah karena sudah bisa dipesan melalui aplikasi KAI Access mulai 1 Maret dengan pilihan metode pembayaran melalui LinkAja.

“Pada awal Februari, kami sudah mengawalinya dengan pemesanan tiket untuk kereta Prambanan Ekspres dan mulai hari ini sudah bisa untuk melayani seluruh kereta lokal lain,” kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta Eko Budiyanto di Yogyakarta, Jumat.

Kereta lokal di Daop 6 Yogyakarta yang tiketnya sudah bisa dipesan melalui aplikasi KAI Access adalah Kalijaga relasi Solo Balapan-Semarang Poncol, Batara Kresna relasi Purwosari-Wonogiri, Solo Ekspres relasi Solo Balapan-Yogyakarta-Kutoarjo dan Sidomukti relasi Solo Balapan-Yogyakarta.

Meskipun demikian, mekanisme pembelian tiket kereta lokal melalui aplikasi KAI Access tersebut tetap mengikuti aturan periode pembelian tiket untuk masing-masing kereta.

“Ada yang bisa dipesan sejak H-30 dan H-7 sebelum keberangkatan, tetapi ada pula yang baru bisa dipesan pada hari H keberangkatan atau ‘go show’,” katanya.

Dari lima kereta lokal di Daop 6 Yogyakarta, rata-rata pemesanan tiket sudah bisa dilayani pada H-7 keberangkatan bahkan untuk kereta Kalijaga sudah bisa dilayani sejak H-30 keberangkatan, tetapi untuk Batara Kresna yang hanya bisa dilayani pada hari H keberangkatan.

Eko mengingatkan, pembelian tiket kereta lokal melalui aplikasi KAI Access hanya bisa berlaku untuk satu identitas penumpang untuk satu relasi KA pada hari yang sama. Penumpang juga akan memperoleh e-boarding pass yang harus ditunjukkan ke petugas sebelum naik kereta.

“Tiket kereta lokal yang dibeli melalui KAI Access pun hanya bisa dibatalkan dan diubah jam keberangkatannya melalui loket stasiun,” kata Eko.

PT KAI berharap, layanan pembelian tiket melalui aplikasi KAI Access tersebut diharapkan semakin memudahkan penumpang sehingga penumpang tidak perlu lagi antre panjang di stasiun hanya untuk berburu tiket kereta lokal tetapi cukup memesannya melalui “smartphone”.

Transaksi pembayaran untuk pembelian tiket juga semakin mudah karena penumpang bisa memilih opsi pembayaran menggunakan aplikasi LinkAja yang bisa diinstall di “smartphone” dan pengguna cukup melakukan registrasi dan top up saldo.

Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024