11.780 pengawas TPS di DIY dilantik

id Pengawas TPS

Sebanyak 11.780 orang Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) yang tersebar di lima kabupaten/kota di Daerah Istimewa Yogyakarta dilantik pada Senin (25/3). (istimewa)

Yogyakarta (ANTARA) - Sebanyak 11.780 orang Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) yang tersebar di lima kabupaten/kota di Daerah Istimewa Yogyakarta dilantik pada Senin (25/3).

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DIY Bagus Sarwono di Yogyakarta, Senin, mengatakan pelantikan PTPS dilakukan oleh masing-masing ketua Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) hari ini sesuai dengan Undang-Undang Pemilu.

"PTPS merupakan pengawas pemilu ujung tombak bagi tahapan pemungutan dan penghitungan suara," kata Bagus.

Menurut dia, sesuai regulasi pengawas TPS dibentuk paling lambat 23 hari sebelum hari pemungutan suara dan dibubarkan paling lambat 7 hari setelah hari pemungutan suara.

Ia menyebutkan dari 11.780 PTPS tersebut tersebar di lima kabupaten/kota se-DIY. Di Yogyakarta sebanyak 1.373 PTPS, Bantul sebanyak 3.040 PTPS, Gunung Kidul sebanyak 2.718 PTPS, Sleman sebanyak 3.391 PTPS dan Kulonprogo sebanyak 1.258 PTPS. 

Menurut dia, pada Pemilu 2019, kehadiran PTPS merupakan yang pertama mengingat pada Pemilu 2014 dan sebelumnya, belum ada petugas khusus untuk mengawasi di tingkat TPS.

Semangat adanya PTPS ini, menurut dia, agar mengurangi praktik kecurangan khususnya di tingkat TPS sehingga harapannya hasil pemilu lebih dipercaya. 

Kehadiran PTPS, kata dia, sangat strategis. Di dalam Pasal 114 UU 7 Tahun 2017 disebutkan tugas PTPS yakni mengawasi persiapan pemungutan suara, pelaksanaan pemungutan suara, persiapan penghitungan suara, pelaksanaan penghitungan suara, serta mengawasi pergerakan hasil penghitungan suara dari TPS ke PPS.

PTPS memiliki masa kerja PTPS sebulan. Mengingat hari pemungutan suara dilaksanakan pada 17 April 2019 maka masa kerja PTPS mulai 25 Maret 2019 hingga 24 April 2019. 

"Kegiatan pelantikan PTPS hari ini sekaligus akan dilanjutkan dengan kegiatan pelatihan yang dilakukan oleh Panwaslu Kecamatan dan disupervisi pengawas Pemilu di tingkat atasnya," kata dia.

 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar