Jokowi-Ma'ruf menang di Ethiopia dan Djibouti

id penghitungan suara luar negeri, addis ababa, ethiopia,djibouti,jokowi ma'ruf,prabowo sandi,pilpres,pileg

Jokowi-Ma'ruf menang di Ethiopia dan Djibouti

Penghitungan suara hasil pemilihan di luar negeri 2019 di TPS KBRI Addis Ababa, Ethiopia. (KBRI Addis Ababa)

Jakarta (ANTARA) - Pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin meraih 218 suara atau menang mayoritas dengan 71,24 persen dari total 306 surat suara yang masuk, berdasarkan rilis Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Addis Ababa yang diterima di Jakarta, Rabu.

Sementara itu, pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memperoleh 84 suara atau 27,45 persen. Sedangkan sisanya, 4 surat suara dinyatakan tidak sah.

Penghitungan suara hasil Pemilu Indonesia 2019 di Addis Ababa, Ethiopia, dihadiri sejumlah ibu-ibu Indonesia yang sebagian besar mendampingi suami mereka yang bekerja di negara Afrika itu.

"Kenapa banyak ibu-ibu sementara bapak-bapak sedikit? Karena bapak-bapak masyarakat Indonesia di Addis Ababa bekerja di tempat kerja masing-masing, karena memang di Ethiopia hari ini bukan hari libur," kata Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti, dan Uni Afrika, Al Busyra Basnur.

PPLN Addis Ababa melaksanakan pemungutan suara melalui kotak suara keliling (KSK) dan pencoblosan langsung di TPS KBRI Addis Ababa.

KSK di Djibouti mengakomodasi hak pilih 5 orang WNI pada Jumat (12/4), sementara KSK di Kota Hawassa--sekitar 280 km selatan Addis Ababa, memfasilitasi 105 orang pemilih pada Sabtu (13/4).

Pencoblosan langsung di TPS KBRI Addis Ababa dilaksanakan pada Minggu (14/4) dan diikuti 43 orang.

Pelaksanaan penghitungan suara juga disiarkan secara langsung melalui akun resmi Facebook KBRI Addis Ababa agar masyarakat dapat menyaksikan secara langsung, terutama sekitar 150 masyarakat Indonesia yang bekerja di tiga perusahaan Indonesia di Hawassa Industrial Park.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024