Tiga perempuan perupa dari tiga generasi menggelar Pameran "Matahari3"

id Pameran matahari 3,Museum Affandi,Kartika Affandi

Tiga perempuan perupa Indonesia Kartika, Dyan Anggraini dan Nunung WS akan menggelar Pameran Matahari3 di Museum Affandi, Sleman, Yogyakarta. (FOTO ANTARA/ Victorianus Sat Pranyoto)

Sleman (ANTARA) - Tiga perempuan seniman perupa Indonesia yang mewakili tiga generasi, Kartika Affandi, Dyan Anggraini dan Nunung WS akan memamerkan karya-karya mereka di Museum Seni Rupa Affandi, Jalan Laksda Adisutjipto, Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Pembukaan Pameran 'Matahari3' akan dilangsungkan Jumat (19/7) 2019 pukul 19.00 WIB di Museum Affandi," kata Direktur Museum Affandi, Helfi Artistien K Dirix di Museum Affandi, Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, kegiatan pameran ini akan menampilkan karya-karya dari para perempuan seniman perupa dengan alirannya masing-masing.

"Kartika Affandi akan menampilkan karya-karya seni instalasi tentang kehidupan bapaknya (maestro perupa Affandi) yang terdiri atas 11 adegan, Nunung akan menampilkan karya-karya seni rupa beraliran abstrak dan Dyan akan menampilkan karya seni rupa yang mempresentasikan tubuh perempuan yang sedang mengandung," katanya.

Ia mengatakan, kegiatan Pameran "Matahari3" ini diharapkan dapat menggairahkan kembali kegiatan pameran di Museum Affandi yang sudah cukup lama miskin acara.

"Sudah lebih dari satu tahun tidak ada geliat. Beberapa waktu lalu mami Kartika, datang ke museum dan bilang mau bikin acara, termasuk Nunung dan Dyan. Jadilah kemudian Pameran Matahari3 ini," katanya.

Helfi mengatakan, Pameran "Matahari3" ini mempersembahkan karya-karya seni visual dari tiga orang seniman senior Dyan Anggraini, Kartika, dan Nunung WS. Ketiga seniman ini telah hampir satu tahun penuh bekerja keras mempersiapkan karya-karya mutakhir mereka.

"Curahan kecintaan dan keyakinan mereka dalam bekerja sebagai seorang pekerja seni nampakjelas terpancar pada karya-karya yang akan dipamerkan tersebut. Tidak hanya berupa kerja-kerja yang bersifat fisik, mereka pun terlihat saling aktif berdialog dan bertukar ide gagasan untuk dapat menyajikan karya terbaik kepada khalayak," katanya.

Ia mengatakan, Museum Affandi sebagai wadah kreatif bagi publik seni Yogyakarta dan sekitarnya merasa bangga karena berkesempatan menjadi tempat dipamerkannya karya-karya perupa perempuan yang jiwa senirupanya tidak dapat diragukan lagi.





"Museum Affandi adalah sebuah situs seni-budaya sekaligus saksi sejarah seni rupa Indonesia warisan sang maestro Indonesia, Bapak Affandi (alm). Tentu hal ini menjadi salah satu alasan mengapa pameran ini diselenggarakam di Museum Affandi. Kami berharap pameran 'Matahari3' ini dapat mencapai tujuam sesuai yang telah direncanakan dan memberikan maufaat edukasi bagi masyarakat luas," katanya.

Tiga seniman Indonesia ini memberanikan diri untuk tampil menggelar karya-karya seni visual mereka yang terpilih dari hasil kerja keras selama sepuluh tahun terakhir (antara tahun 2008-2018).

Kecintaan dan keyakinan mereka dalam bekerja sebagai seorang pekerja seni telah membuahkan banyak karya seni, khususnya seni lukis yang sampai sekarang telah banyak di koleksi oleh museum, institut kesenian, kolektor atau pencinta seni baik di dalam maupun di luar negeri, demikian Helfi Artistien K Dirix.





 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar