Perolehan bulan dana PMI Bantul Rp1 miliar

id Bulan dana PMI

Perolehan bulan dana PMI Bantul Rp1 miliar

Serah terima Bulan Dana PMI Bantul 2019 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Bantul, DIY (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Perolehan bulan dana Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Tahun 2019 sebesar Rp1 miliar atau mengalami kenaikan sebesar 45 persen dibanding perolehan bulan dana PMI Bantul 2018 yang mencapai sebesar Rp688 juta.

"Jadi ada kenaikan sebesar Rp312 juta atau 45 persen," kata Ketua PMI Bantul Wirmon Samawi pada acara Serah Terima Bulan Dana PMI Bantul di Bantul, Kamis.

Bulan Dana PMI itu yang dihimpun dari semua organisasi perangkat daerah (OPD) se-Bantul dengan tiga OPD penyetor terbanyak yaitu Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) sebesar Rp187,3 juta, Dinas Pariwisata Bantul sebesar Rp82,2 juta dan Dinas Perhubungan sebesar Rp28,2 juta.

Sedangkan tiga dari 17 kecamatan penyetor Dana PMI terbanyak antara lain kecamatan Banguntapan sebesar Rp25,8 juta, kemudian Kecamatan Sewon sebesar Rp17,7 juta dan Kecamatan Jetis sebesar Rp16,2 juta.

"Dana PMI tersebut kami gunakan untuk kepentingan masalah kemanusiaan baik untuk masyarakat Bantul maupun untuk masyarakat Indonesia yang baru terkena musibah," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Bantul, Suharsono mengatakan, penanganan masalah-masalah sosial harus mendapat perhatian serius dan merupakan tanggung jawab bersama antara masyarakat, pemerintah dan PMI. Untuk itu eksistensi lembaga PMI sangat dibutuhkan dalam penyelesaian masalah-masalah sosial tersebut.

"Keberhasilan Bulan Dana PMI Kabupaten Bantul ini merupakan hasil kerja keras dari semua pihak yang telah melakukan kerja secara profesional," tambahnya.

Bupati Bantul berharap, hasil pengumpulan bulan dana PMI Bantul Tahun 2019 ini pengelolaannya bisa dilakukan secara profesional, sehingga dapat memberi manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat.

"PMI selalu dapat eksis dalam melaksanakan tugasnya, terutama dalam tugas pokok dalam melaksanakan tugasnya, terutama dalam kesiapsiagaan bencana berbasis masyarakat dan berpegang teguh pada prinsip-prinsip dasar Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Kehormatan PMI Bantul yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Bantul Helmi Jamharis mengatakan, mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan anggota ASN di lingkungan Kabupaten Bantul yang telah menyisihkan dana untuk disumbangkan kepada PMI Bantul.

"Masyarakat memberikan kepercayaan kepada PMI untuk dapat mengelola dapat memanfaatkan dana itu untuk kepentingan kemanusiaan, untuk kepentingan tindak lanjut bencana tanggap darurat yang terjadi di wilayah Kabupaten Bantul," lanjutnya.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024