Banjir bandang melanda kawasan Ijen Bondowoso

id Banjir bandang bondowoso,kawasan ijen bondowoso, banjir di bondowoso,banjir bondowoso,banjir ijen

Banjir bandang melanda kawasan Ijen Bondowoso

Seorang anggota Polri mengawasi air bercampur yang melanda Desa Sempol, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Rabu (29/1/2020) (Banjir bandang ijen)

akibat banjir bandang ini, sekitar 200 rumah warga di Desa Sempol terendam lumpur setinggi sekitar 30 cm.
Bondowoso (ANTARA) - Banjir bandang melanda Desa Sempol yang berada di sekitar kawasan Gunung Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Rabu siang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso Kukuh Triyatmoko menjelaskan bahwa air bercampur lumpur itu sempat melanda ratusan rumah di Desa Sempol, Kecamatan Ijen, setelah sebelumnya di wilayah Gunung Suket, Jampit, diguyur hujan deras.

"Banjir bandang terjadi Rabu siang tadi sekitar pukul 13:00 WIB di Desa Sempol, Kecamatan Ijen," katanya saat di hubungi di Bondowoso.

Ia menyebutkan, akibat banjir bandang ini, sekitar 200 rumah warga di Desa Sempol terendam lumpur setinggi sekitar 30 cm.

"Terdampak banjir bandang diperkirakan ada 200 rumah, namun itu sementara, karena kami bersama petugas lainnya masih melakukan pendataan. Untuk korban jiwa sementara tidak ada," ujarnya.

Baca juga: DPRD Kulon Progo meminta DPUPKP kaji pembangunan embung kawasan YIA

Informasi yang dihimpun Antara, sebelum terjadi banjir bandang yang menerjang permukiman warga di kawasan dekat perkebunan kopi itu, terjadi hujan deras di daerah hulu, yakni Gunung Suket, selama kurang dua jam.

Warga tidak menduga akan datangnya air bercampur lumpur tiba-tiba meluncur dengan membawa balok kayu menerjang permukiman.
Baca juga: BPBD Bantul sebut ada sejumlah titik sempadan sungai rawan banjir
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024