Muklay terinspirasi modernitas fashion dan nilai budaya

id muklay,fashion

Muklay terinspirasi modernitas fashion dan nilai budaya

Salah satu produk Muklay (HO-Istimewa)

Yogyakarta (ANTARA) - Kolaborasi antara Hardware dan Muchlis Fachri atau Muklay terinspirasi modernitas fashion dan nilai eksotik budaya dalam menghasilkan produk fashion.
 
"Warisan budaya adalah tema dari kolaborasi yang dipilih sebagai acuan dalam pemilihan karakter yang diilustrasikan ulang oleh Muklay dalam bentuk pop art visual," kata Marketing Communication Supervisor Hardware Urfina Almira Yasmine dalam rilis Kamis.

Ia mengemukakan, beberapa karakter yang dipilih yakni burung merak, gunungan, Bagong, Bhatara Gana, Garuda Wishnu Kencana, Barong, topeng tari malangan, dan Cepot.

"Visualisasi pop art warisan budaya Indonesia ini dituangkan dalam desain produk fashion yang bervariasi mulai dari t-shirt, sweatshirt, hingga jaket hoodie," katanya.

Menurut dia, produk fashion hasil kolaborasi ini diproduksi oleh Hardware Clothing menggunakan bahan premium cotton combed 20s sehingga jika tersentuh bahan terasa tebal namun nyaman dan ringan untuk dipakai.

Bahan furake card lafer yang digunakan untuk memproduksi sweatshirt dan jaket hoodie cukup tebal tetapi nyaman untuk dipakai

"Semua ilustrasi pop art disablon menggunakan teknik premium discharge sehingga kualitas gambar tahan lama dan hasil sablon lembut," katanya.

Ia menjelaskan, karakter warisan budaya yang diilustrasikan oleh Muklay menggunakan tenik pop art tanpa menghilangkan ciri khas dari karakter tersebut serta menggunakan warna-warna eksentrik andalan karya seni Muchlis Fachri.

"Tema warisan budaya dipilih sebagai salah satu upaya dalam melestarikan identitas dan nilai-nilai budaya Indonesia dari sisi industri fashion," kata Urfina.

Menurut dia, modernitas adalah sesuatu yang tidak terelakkan dengan adanya perkembangan sosial  dan semakin menipisnya batasan informasi, tetapi modernitas juga bukan pembenar untuk melupakan budaya asli yang dimilik bangsa Indonesia.

"Pelestarian budaya perlu dilakukan dengan mengkombinasikan modernitas dengan warisan budaya yang kita punya, melalui akulturasi kita bisa menghasilkan kreativitas seni dan produk," kata Urfina.

Produk hasil kolaborasi ini, kata dia, bisa didapatkan di Hardware Botani Square Bogor, Hardware Paragon Mall Semarang, Hardware Ambarrukmo Plaza Yogyakarta, Hardware Hartono Mall Yogyakarta, Hardware Galaxy Mall Surabaya, Hardware Mall Ratu Indah, dan Hardware Q Mall Banjarbaru, serta e-comnerce seperti Zalora dan Shopee.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024