Yogyakarta menjalankan program Jogja Corpu tingkatkan kompetensi ASN

id Jogja Corpu,kompetensi,ASN,pemkot yogyakarta

Yogyakarta menjalankan program Jogja Corpu tingkatkan kompetensi ASN

Ilustrasi - Pelantikan pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta (Eka AR)

Yogyakarta (ANTARA) - Kebutuhan birokrasi yang bisa bergerak gesit dan lincah menjadi salah satu alasan Pemerintah Kota Yogyakarta menjalankan program Jogja Corporate University sehingga nantinya seluruh aparatur sipil negara di lingkungan birokrasi tersebut memiliki kompetensi yang unggul.



“Tujuannya adalah untuk pengembangan kompetensi dan kemampuan sumber daya manusia (SDM) di lingkungan pemerintah Kota Yogyakarta sehingga visi dan misi pemerintah bisa diwujudkan dengan baik,” kata Kepala Bagian Organisasi Pemerintah Kota Yogyakarta Patricia Heny Dian Anitasari di Yogyakarta, Kamis.



Menurut dia, pembentukan program corporate universty (corpu) sudah banyak dipilih oleh berbagai instansi baik di lingkungan kementerian maupun lembaga negara untuk meningkatkan kompetensi SDM, namun program tersebut belum banyak dilakukan oleh pemerintah daerah.



Di DIY, Kota Yogyakarta menjadi pemerintah daerah pertama yang mencoba menjalankan program corpu tersebut.



“Ini hanya metode saja. Harapannya, setiap organisasi pemerintah daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta nantinya menjadi organisasi pembelajar yang dapat mengikuti perkembangan,” katanya.



Di setiap OPD akan dibentuk Corpu Unit yang bertindak untuk memastikan pengembangan kompetensi ASN berjalan dengan baik.



“Bahkan tidak menutup kemungkinan dilakukan sharing knowledge antar-OPD untuk saling belajar sehingga terjadi berbagi ilmu untuk meningkatkan kompetensi SDM,” katanya.



Pada pekan depan, Heny mengatakan, akan melakukan uji coba pelaksanaan program Jogja Corpu tersebut dengan tema menyusun standar pelayanan publik yang baik dan benar.



Selama ini, lanjut dia, salah satu upaya yang ditempuh pemerintah untuk meningkatkan kompetensi ASN adalah melalui pendidikan dan pelatihan (diklat), namun hanya diikuti oleh ASN dalam jumlah yang terbatas.



“Melalui Jogja Corpu ini, harapannya ASN yang sudah mengikuti diklat juga bisa membagikan ilmunya ke pegawai lain. Jadi, ilmu yang diperoleh tidak hanya dimiliki oleh satu orang saja yang mengikuti diklat tetapi bisa dibagikan ke banyak pegawai,” katanya.



Guna memastikan agar program Jogja Corpu bisa berjalan dengan baik, BKP SDM Kota Yogyakarta akan menyusun knowledge management system dan membentuk unit untuk verifikasi.

Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021