Harga emas merosot

id harga emas,emas berjangka,emas spot,pencalonan Powel,percepatan tapering

Harga emas merosot

Dokumentasi - Emas . ANTARA/ANDBZ/ABACA via Reuters Connect/pri. (ANDBZ/ABACA via Reuters Connect/ANDBZ/ABACA)

Chicago (ANTARA) - Harga emas anjlok lebih dari dua persen pada akhir perdagangan Senin (Selasa pagi WIB), tertekan dolar yang menguat setelah Ketua Federal Reserve Jerome Powell dinominasikan untuk masa jabatan kedua, mendorong ekspektasi bahwa bank sentral dapat tetap berada di jalur pengurangan dukungan ekonomi.

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Desember di divisi Comex New York Exchange, turun tajam 45,3 dolar AS atau 2,45 persen menjadi ditutup pada 1.806,30 dolar AS per ounce. Sementara emas di pasar spot juga jatuh 2,1 persen, menjadi diperdagangkan di 1.805,30 dolar AS per ounce pada pukul 19.00 GMT, terendah sejak 5 November.

Akhir pekan lalu, Jumat (19/11/2021), emas berjangka juga terpangkas 9,8 dolar AS atau 0,53 persen menjadi 1.851,60 dolar AS per ounce, setelah jatuh 8,8 dolar AS atau 0,47 persen menjadi 1.861,40 dolar AS pada Kamis (19/11/2021), dan setelah terangkat 16,1 dolar AS atau 0,87 persen menjadi 1.870,20 dolar AS pada Rabu (17/11/2021).

"Emas dijual karena anggapan bahwa mungkin The Fed akan mempertahankan jalur kebijakan moneternya saat ini sebagai lawan dari nominasi Lael Brainard," kata Jim Wyckoff, analis senior di Kitco Metals, menambahkan bahwa Brainard akan dianggap membuka jalan untuk lebih kebijakan dovish.

"Ini hanya reaksi spontan dari pasar emas," kata Wyckoff, dengan dolar menguat ke level tertinggi sejak Juli tahun lalu. Pencalonan kembali Powell juga menyebabkan lonjakan imbal hasil obligasi pemerintah AS.

Kenaikan imbal hasil obligasi pemerintah AS semakin memperlemah emas, membuat emas mengalami penurunan harian tertajam dalam lebih dari tiga bulan.

Dolar yang lebih kuat membuat emas menjadi mahal bagi pembeli luar negeri, sementara suku bunga yang lebih tinggi diterjemahkan menjadi peningkatan peluang kerugian memegang emas yang tidak memberikan imbal hasil.

Pasar uang sekarang memperkirakan Fed untuk menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin pada Juni mendatang dibandingkan sebelumnya pada Juli.

"Pergerakan yang lebih tinggi dengan imbal hasil riil telah mempercepat beberapa pelemahan emas, tetapi terlalu dini bagi investor yang berpikir ini adalah awal dari tren yang berkelanjutan," kata Edward Moya, analis pasar senior di broker OANDA.

Pembuat kebijakan Fed sedang memperdebatkan apakah akan menarik dukungan lebih cepat untuk menangani inflasi, setelah salah satu pejabatnya yang paling berpengaruh mengisyaratkan bahwa gagasan itu akan dibahas pada pertemuan Desember.

Emas memiliki dukungan di sekitar level 1.800 dolar AS per ounce dan dengan minggu perdagangan yang dipersingkat, emas dapat berkonsolidasi antara 1.800-1.850 dolar AS menjelang pertemuan kebijakan FOMC 15 Desember, kata Moya.

Logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman Desember turun 48,4 sen atau 1,95 persen, menjadi ditutup pada 24,297 dolar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Januari turun 20,9 dolar AS atau 2,02 persen, menjadi ditutup pada 1.015,1 dolar AS per ounce.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024