Gelombang laut tinggi, nelayan di Kulon Progo diimbau tak melaut

id Gelombang laut tinggi ,DKP Kulon Progo ,Kulon Progo ,SAR Linmas Glagah

Gelombang laut tinggi, nelayan di Kulon Progo diimbau tak melaut

Kondisi TPI Pantai Trisik di Banaran, Kabupaten Kulon Progo, rusak parah akibat dihantam gelombang tinggi. (ANTARA/HO-Dokumen DKP Kulon Progo)

Kulon Progo (ANTARA) - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengimbau nelayan untuk libur melaut dulu karena adanya gelombang laut setinggi dua sampai empat meter yang menerjang wilayah ini.

Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan dan Pengelolaan Tempat Pelelangan Ikan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kulon Kulon Wakhid Purwosubiyantara di Kulon Progo, Kamis, mengatakan sesuai dengan peringatan yang telah dikeluarkan BMKG bahwa ada gelombang laut setinggi dua sampai empat meter.

"Kami mengimbau nelayan di TPI Trisik Banaran tidak melaut terlebih dahulu. Keselamatan nelayan jauh lebih utama," kata Wakhid di sela sela monitoring pascagelombang tinggi di TPI Trisik.

Baca juga: BMKG : Potensi rob di pesisir selatan Yogyakarta tak seperti pantura

Nelayan dimohon tetap menjaga diri, patuhi semua peringatan yang dikeluarkan BMKG, karena akhir akhir ini, cuaca sulit diprediksi, walaupun ini sudah masuk musim paceklik karena ikan di laut sulit ditangkap, yang biasanya terjadi dari Mei sampai dengan September.

Ia mengatakan gelombang tinggi di Pantai Trisik ini menembus rerimbunan cemara udang sampai di laguna dan menyapu tanaman pandan laut yang baru saja ditanam secara swadaya oleh Kelompok Pelestari Alam dan Satwa sebanyak 200 batang di selatan laguna Trisik, yang diharapkan mampu menahan abrasi.

"Bangunan yang di kawasan Pantai Trisik rusak parah akibat dihantam gelombang tinggi. Kemudian banyak tanaman cemara udang yang roboh juga," katanya.

Koordinator SAR Linmas Glagah Aris Widyatmoko mengatakan gelombang tinggi menyebabkan beberapa kios dan toilet Pantai Trisik roboh. TPI Pantai Trisik juga sudah hampir ambles terkena abrasi.

Kemudian, wilayah selatan yang terkena gelombang tinggi dan mengibarkan abrasi, yakni selatan Bandara Internasional Yogyakarta.

"Sedangkan nelayan di Kulon Progo sendiri sudah tiga hari terakhir tidak melaut karena gelombang laut sudah tinggi," katanya.

Baca juga: Waspadai gelombang 6 meter di Samudra Hindia selatan Jateng-DIY

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gelombang laut tinggi, DKP Kulon Progo imbau nelayan tak melaut