PPI Leiden: Peningkatan kesejahteraan solusi problem

id PPI Leiden,Sekolah Demokrasi LP3ES,Kesejahteraan Masyarakat,Korupsi,Politik Uang

PPI Leiden: Peningkatan kesejahteraan solusi problem

Dokumentasi-Diskusi Sejumlah tokoh Indonesia (dari kiri ke kanan) Burhan Aziz (PDI Perjuangan), Dubes Indonesia untuk Belanda Retno L.P Marsudi, Enggartiasto Lukita (NasDem), Didik J rachbini (PAN) dan Staf Khusus Presiden bidang ekonomi Firmansah berfoto bersama dengan menunjukkan kaos Perhimpunan Pelajar Indonesia usai berbicara dalam diskusi "Lingkar Inspirasi: Demokrasi Berkualitas" di Pasar Malam Indonesia di Lapangan Malieveld, Den Haag, Belanda, Sabtu (23/3). FOTO ANTARA/Budi Santoso).

Jakarta (ANTARA) - Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Leiden, Belanda memandang peningkatan kesejahteraan masyarakat oleh pemerintah merupakan solusi dari beragam masalah yang ada di Indonesia, mulai dari korupsi, politik uang, hingga persoalan pelestarian lingkungan.

"Menurut kami, solusi dari segala masalah yang ada di Indonesia itu adalah kesejahteraan masyarakat itu sendiri," ujar Ketua PPI Leiden Kemal Farizan, dalam kegiatan diskusi Penutupan Sekolah Demokrasi bertajuk "Mempersiapkan Pemilu 2024 dan Konsolidasi Demokrasi 2045", sebagaimana dipantau secara virtual, di Jakarta, Sabtu malam.

Dengan demikian, lanjut dia, salah satu langkah utama yang perlu dilakukan oleh pemerintah adalah menjamin kebutuhan dasar masyarakat Indonesia tercukupi sehingga kesejahteraan mereka dapat meningkat.

Hal yang disampaikan Kemal tersebut juga merupakan tanggapan dari PPI Leiden atas hasil diskusi dalam kegiatan Sekolah Demokrasi yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian, Pendidikan, dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) bekerja sama dengan pihaknya, Universitas Diponegoro, dan Antropologi Kerajaan Belanda (KITLV).

Sebelumnya, anggota PPI Leiden Githa Dwi Damara menyampaikan, berdasarkan pemaparan Ketua Dewan Pengurus LP3ES Didik J. Rachbini dan Peneliti Antropologi Politik Komparatif Universitas Amsterdam Belanda Ward Bereschot, dalam Sekolah Demokrasi yang diselenggarakan secara daring dan langsung di Universitas Leiden sejak 23-25 Juni 2022 itu, dapat disimpulkan bahwa korupsi serta politik uang menjadi masalah yang senantiasa hadir di Indonesia.





 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024