Pengambilan api Merapi mengawali perhelatan Porda-Peparda DIY 2022

id Porda DIY XVI ,Peparda III DIY ,Porda DIY 2022,Peparda DIY 2022,Api Merapi ,Bupati Sleman ,Kabupaten Sleman ,Dispora Kab

Pengambilan api Merapi mengawali perhelatan Porda-Peparda DIY 2022

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo memimpin langsung kegiatan pengambilan api pertama dari Gunung Merapi dalam rangkaian dimulainya perhelatan Porda XVI dan Peparda III DIY di Museum Petilasan Mbah Maridjan, Cangkringan, Sabtu (20/8/22). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Sleman (ANTARA) - Perhelatan Pekan Olahraga Daerah XVI dan Pekan Paralimpik Daerah III Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2022 di Kabupaten Sleman segera dimulai yang ditandai dengan pengambilan api pertama torch relay (pawai obor) dari Gunung Merapi.

Kegiatan pengambilan api pertama ini dipusatkan di Museum Petilasan Mbah Maridjan, Kinahrejo, Cangkringan, Sabtu.

Proses pengambilan api pertama ini dilakukan langsung oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo didampingi Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa.

Secara estafet, obor api diserahkan kepada Mantan Atlet Bulu Tangkis asal Sleman Finarsih.

Kemudian Finarsih didampingi Sleman Runners dan tim Dispora Kabupaten Sleman dilepas secara simbolis oleh Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa untuk melakukan pawai obor melintasi seluruh kabupaten kota di DIY dan seluruh Kapanewon di Kabupaten Sleman.

"Pengambilan api ini menandai dimulainya rangkaian acara Porda XVI dan Peparda III DIY Tahun 2022 di Kabupaten Sleman, yang akan diselenggarakan 1 hingga 9 September 2022," kata Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo.

Menurut dia, untuk kirab atau pawai api ini adalah representasi dari partisipasi kontingen kabupaten/kota se- DIY dan dukungan seluruh masyarakat Kabupaten Sleman selaku tuan rumah.

Kirab obor api tersebut akan berlangsung selama tiga hari dan akan disemayamkan di Pendopo Parasamya Kabupaten Sleman pada hari ketiga usai prosesi kirab selesai.

"Setelah dikirab, Api Merapi ini nantinya akan digunakan untuk menyalakan kaldron pada acara pembukaan di Stadion Maguwoharjo,c katanya.

Kaldron Api Merapi ini juga akan dinyalakan selama laga tanding Porda dan Peparda berlangsung.

"Ini melambangkan semangat yang tidak pernah padam untuk memberikan yang terbaik," katanya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Sleman Agung Armawanta mengtakan bahwa pembambilan api acara Porda XVI dan Peparda III DIY Tahun 2022 ini juga disertai dengan dimulainya rangkaian lain menjelang perhelatan Porda XVI dan Peparda III.

"Bersamaan dengan pengambilan dan kirab api, diselenggarakan pula kegiatan lain sebagai rangkaian dimulainya Porda XVI dan Peparda III DIY Tahun 2022, diantaranya seminar kesehatan mental untuk atlet di pendopo parasamya, diikuti secara luring dan daring," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024