Sleman pastikan meraih juara umum Porda XVI DIY

id Wabup Sleman ,Porda DIY XVI ,Kabupaten Sleman ,Sleman ,Juara umum Porda

Sleman pastikan meraih juara umum Porda XVI DIY

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa. ANTARA/Victorianus Sat Pranyoto

Sleman (ANTARA) - Kontingen Kabupaten Sleman memastikan meraih predikat juara umum pada Pekan Olahraga Daerah (Porda) ke XVI Daerah Istimewa Yogyakarta dan mencatatkan hattrick untuk yang kedua kalinya.

"Bisa kami pastikan Sleman berhasil meraih juara umum Porda tahun ini dan menciptakan hattrick setelah juara umum pada 2017 dan 2019. Ini juga berarti hattrick kedua kalinya setelah hattrik pada Porda tahun 2007, 2009 dan 2011," kata Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa di Sleman, Jumat.

Menurut dia, data resmi yang dirilis KONI DIY per Jumat (9/9) pagi, kontingen Sleman berhasil mengumpulkan 161 medali emas, 157 perak, dan 152 perunggu.

"Ada selisih cukup jauh dengan peringkat kedua Kabupaten Bantul yang memperoleh 135 medali emas, 135 perak, dan 164 perunggu. Dari perhitungan itu, Sleman sulit terkejar sehingga hampir bisa dipastikan tahun ini kembali menjadi juara umum Porda," katanya.

Ia mengatakan, hari ini yang merupakan hari terakhir penyelenggaraan Porda DIY masih menyisakan pertandingan dua cabang olahraga yaitu panjat tebing yang dilangsungkan di Fitriyani Climbing Klebengan, dan aerosport di Pangkalan TNI AU (Lanud) Gading Gunung Kidul.

"Di dua cabor itu, atlet Sleman masuk ke tahap final sehingga akan menambah lagi koleksi medali, karena cabor tersebut termasuk unggulan Sleman," katanya.

Danang mengatakan, untuk upacara penutupan atau closing ceremony digelar pada Jumat (9/9) malam bertepatan peringatan Hari Olahraga Nasional.

"Acara penutupan ini sekaligus diisi penyerahan piala bergilir Porda dan Peparda oleh Gubernur DIY kepada pemenang," katanya.

Sedangkan untuk event Peparda III DIY, kontingen Sleman berada di peringkat dua.

Data per Kamis (8/9) malam, atlet Peparda Sleman tercatat mengoleksi 29 medali emas, 45 perak, dan 25 perunggu. Pada posisi puncak terdapat kontingen Bantul dengan hasil 40 medali emas, 26 perak, dan 9 perunggu.

Danang mengatakan, meskipun belum berhasil menyabet prestasi juara umum, namun perjuangan para atlet difabel sudah sangat luar biasa.

"Kami harapkan para atlet difabel tetap optimistis, mereka memiliki daya juang yang bagus. Perjuangan di ajang Peparda ini sangat hebat," katanya.

Wakil Ketua KONI Sleman Sukiman Hadiwijoyo mengatakan ada 14 cabang olahraga yang jadi juara umum.

"Naik jumlahnya dari prestasi Porda 2019 sebanyak 10 cabor yang juara umum," katanya.

Menurut dia, cabang olahraga yang mampu mendulang medali lebih dari target antara lain menembak, renang, dan atletik.

"Namun ada beberapa cabor yang gagal mendapat medali emas seperti anggar, dan berkuda," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024