1.000 mahasiswa digembleng jadi wirausahawan

id UNRI

1.000 mahasiswa digembleng  jadi wirausahawan

Foto bersama mahasiswa peserta pelatihan kewirausahaan selenggarakan Universitas Riau dalam program Wirausaha Merdeka. ANTARA/HO-Humas UNRI.

Pekanbaru (ANTARA) - Universitas Riau (UNRI) melatih 1.000 mahasiswa Program Diploma 3, Strata 1, dan Strata 2 menjadi wirausahawan melalui program Wirausaha Merdeka sebagai percontohan kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka di kampus tersebut.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNRI Iwantono dalam keterangan di Pekanbaru, Provinsi Riau, Senin  (29/8), mengatakan kegiatan itu, antara lain untuk mengasah jiwa kewirausahaan, keterampilan lunak dan kemampuan manajerial, serta mendorong peningkatan pengalaman wirausaha mahasiswa dan peningkatan kemampuan daya kerja mahasiswa yang dapat diakui dan disetarakan hingga 20 satuan kredit semester (SKS) perkuliahan.

Dalam pelaksanaan program itu secara bauran dengan peserta para mahasiswa berasal dari 34 perguruan tinggi itu, katanya, UNRI membuat rencana pembelajaran menggunakan metode pembelajaran, bahan ajar, metode dan media, waktu, tempat, mekanisme pelaksanaan dan penilaian, serta tenaga pengajar.

Ia menjelaskan program Wirausaha Merdeka, meliputi pembekalan kompetensi kewirausahaan, peningkatan keterampilan wirausaha melalui praktikum atau magang, peningkatan pengalaman wirausaha melalui pengembangan ide atau implementasi bisnis, atau kegiatan lain yang bertujuan meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam berwirausaha,

Tujuan program Wirausaha Merdeka, kata dia, membekali mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri menjadi calon wirausahawan melalui aktivitas di luar kelas.