Unri-Kemendikbudristek kembangkan riset peneliti

id Unri

Unri-Kemendikbudristek kembangkan riset peneliti

Antara/Ho-Humas Unri.

Pekanbaru (ANTARA) - Universitas Riau (Unri) menjajaki kerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk  hilirisasi hasil riset dosen peneliti melalui pendampingan dana (matching fund).

"Dengan adanya matching fund, bisa menjembatani antara produk, dosen, bisa terhilirisasi dengan dunia industri," kata Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM-UNRI) Dr Emilda Firdaus SH MH, di Pekanbaru, Rabu.

Ia mengatakan itu terkait upaya untuk menjawab tantangan dalam dunia industri serta membentuk ekosistem Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM).

Ia menyebutkan Kemendikbudristek) telah meluncurkan program Matching Fund yaitu program yang mempertemukan perguruan tinggi dan dunia usaha dunia industri (DUDI) melalui platform "Kedaireka".

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Sistem Informasi Universitas Riau (Unri) Dr Ir Sofyan Husein Siregar M Phil, dalam pertemuan ini pihaknya bersama  tim berdiskusi dan berbagi implementasi program MBKM, dalam bentuk temu kenal peserta didik atau talenta Indonesia.

Ini sangat berarti bagi Unri apalagi banyak capaian  telah dihasilkan Unri untuk dapat diinformasikan kepada masyarakat melalui berbagai program yang telah diluncurkan Kementerian.



Ketua Tim Biro Kerjasama dan Hubungan Masyarakat (BKHM) Kemendikbudristek, Danasmoro Bramantyo mengatakan Pekanbaru menjadi salah satu lokasi kunjungan dari BKHM Kemendikbudristek untuk bertemu langsung dengan penerima manfaat melalui program-program yang telah diberikan oleh Kementerian, Kedaireka, Matching Fund, program unggulan Kemendikbudristek.