400 mahasiswa ikuti wirausaha merdeka

id Unri,wirausaha mahasiswa

400 mahasiswa ikuti wirausaha merdeka

Rektor Universitas Riau (Unri) Prof Sri Indarti berbicara dalam acara Exit Immersion Day Wirausaha Merdeka Universitas Riau Batch II tahun 2023, di Kampus Unri. ANTARA/HO-Humas Unri

Pekanbaru (ANTARA) - Universitas Riau (Unri) kembali melibatkan 400 mahasiswa beberapa perguruan tinggi mengikuti program wirausaha merdeka, salah satu upaya dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk mendukung penuh terciptanya wirausaha mahasiswa di Indonesia.

"Program ini merupakan tahun kedua Unri memperoleh hibah dari kementerian dengan melibatkan lebih kurang 400 mahasiswa asal beberapa perguruan tinggi di Indonesia, sebelumnya juga pada tahun pertama melibatkan 1.001 mahasiswa," kata Rektor Unri Prof Dr Sri Indarti SE MSi dalam keterangannya di Kampus Unri, Selasa.

Berbicara pada fase imersi atau onboarding yang telah diikuti oleh peserta wirausaha merdeka (WMK) selama sepuluh minggu, Unri melaksanakan Exit Immersion Day Wirausaha Merdeka Universitas Riau Batch II Tahun 2023 dengan tema Create Business, Create Future, Wirausaha Muda Tangguh.

Menurut Rektor Unri Sri Indarti program ini membantu mahasiswa dalam mengembangkan pembelajaran wirausaha guna meningkatkan pengalaman wirausaha dan meningkatkan kemampuan daya kerja mahasiswa.

Partisipasi mahasiswa dalam program ini, katanya pula, menjadi kesempatan emas terutama untuk mahasiswa yang memiliki minat dan bakat di bidang wirausaha.

"Program ini banyak manfaatnya yakni memantik minat dan semangat mahasiswa dalam berwirausaha, menanamkan mindset dan kompetensi dasar di bidang kewirausahaan, mendorong peningkatan pengalaman wirausaha mahasiswa, meningkatkan kemampuan daya kerja mahasiswa dan membantu meningkatkan kapasitas dan kualitas lulusan perguruan tinggi," katanya.

Program wirausaha merdeka, kata dia lagi, dirancang dengan berbagai aktivitas di bidang kewirausahaan yang dilaksanakan di luar kelas perkuliahan untuk mengasah jiwa kewirausahaan, mendorong peningkatan pengalaman wirausaha, serta meningkatkan daya kerja mahasiswa.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Unri melibatkan 400 mahasiswa ikuti wirausaha merdeka