Dinas Pariwisata Sleman optimalkan potensi wisata wilayah barat

id Dinas Pariwisata Sleman ,Studio alam Gamplong ,Wisata Sleman barat ,Kabupaten Sleman ,Sleman

Dinas Pariwisata Sleman optimalkan potensi wisata wilayah barat

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Ishadi Zayid. ANTARA/Victorianus Sat Pranyoto

Sleman (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, terus berupaya mengembangkan dan mengoptimalkan potensi pariwisata di wilayah Sleman bagian barat yang mulai tumbuh.

"Wilayah Sleman barat memiliki banyak potensi pariwisata yang dapat lebih dikembangkan lagi," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Ishadi Zayid di Sleman, Selasa.

Menurut dia, selama ini wisata Sleman barat sudah terkenal dengan Desa Wisata Gamplong dengan unggulannya produk UMKM tenun dan ATBM dan Studio Alam Gamplong di Kapanewon (Kecamatan) Moyudan.

Baca juga: Pengelola Kebun Teh Kulon Progo menawarkan paket wisata edukasi

"Secara kewilayahan Sleman barat yang meliputi Kapanewon Moyudan, Minggir, Godean juga sudah terdapat destinasi wisata seperti Desa Wisata Malangan dan Empu Keris Sungkowo Harumbrojo, Amukti Palapa," katanya.

Selain itu juga terdapat Kampung Satwa di Sumberagung Moyudan, destinasi wisata religi Makam Bagus Khasantuka dan Desa Eisata Sidoakur Jethak di Godean, serta desa wisata Brajan di Kapanewon Minggir, serta destinasi lainnya.

"Harapannya destinasi wisata di wilayah Sleman barat tersebut dapat dikelola dengan lebih baik lagi, untuk dikolaborasikan dengan destinasi wisata yang sudah tergolong berkembang dan maju menjadi paket-paket wisata yang saling melengkapi dan saling mendukung," katanya.

Ishadi mengatakan, dalam upaya menarik kunjungan wisatawan di wilayah Sleman barat, pihaknya akan berupaya memperbanyak menggelar kegiatan yang mampu menyedot wisatawan.

"Seperti  'Kenduri Jip' yang diselenggarakan di Wanarahayu, Moyudan, pada akhir pekan kemarin," katanya.

Ia mengatakan, "Kenduri Jip" yang  diselenggarakan oleh Badan Promosi Pariwisata Sleman (BPPS) pada 1-2 Oktober 2022 di Wanarahayu Sumberrahayu Moyudan tersebut dapat lebih memotivasi masyarakat Sleman barat dalam merintis dan mengembangkan destinasi wisata.

"Di samping itu event tersebut juga diharapkan sebagai media promosi bagi para wisatawan untuk lebih mengenal objek-objek wisata yang ada di wilayah Sleman barat," katanya.


Baca juga: Pemkab Bantul deklarasikan Goa Selarong sebagai destinasi wisata ramah anak
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024