Sekitar area IKN ditanami timbuhan endemik dan spesies asli

id cop-27,ikn

Sekitar area IKN ditanami timbuhan endemik dan spesies asli

Tangkapan layar Dekan Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman Rudianto Amirta dalam diskusi di Paviliun Indonesia COP-27 Mesir, diikuti virtual dari Jakarta, Senin (7/11/2022) (ANTARA/Prisca Triferna)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyebutkan vegetasi yang ditanam di area Ibu Kota Nusantara (IKN) menggunakan beberapa jenis tanaman termasuk jenis endemik dan tumbuhan asli di wilayah sekitar IKN.

"Tipe tanaman yang akan ditanam adalah spesies endemik, spesies asli, penangkal nyamuk, dan tanaman yang menjadi konsumsi hewan," kata Dirjen Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Rehabilitasi Hutan (PDASRH) KLHK Dyah Murtiningsih dalam diskusi Paviliun Indonesia di COP-27 Mesir, diikuti virtual dari Jakarta, Senin malam.

Pengembangan IKN, yang mengusung konsep Forest City, mempertimbangkan manajemen lanskap dan biodiversitas sehingga dapat kembali menjadi habitat alami flora dan fauna endemik wilayah di Kalimantan Timur itu.

Pemerintah saat ini sedang mendorong rehabilitasi hutan dan lahan di wilayah sekitar IKN. Sebelumnya, wilayah itu dipenuhi oleh tanaman monokultur dan jenis vegetasi industri seperti eukaliptus.

"Rehabilitasi hutan dan lahan akan melibatkan komunitas lokal untuk mengembalikan kawasan hutan monokultur tersebut menjadi hutan hujan tropis dengan ragam vegetasi," katanya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KLHK: Tanaman endemik dan spesies asli ditanam di area IKN
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024