1.000 jip wisata siap melayani pengunjung lereng Merapi

id Jip wisata Merapi ,Wisata Lereng Merapi ,Dinas Pariwisata Sleman ,Kabupaten Sleman ,Libur akhir tahun ,Tahun baru ,Libur

1.000 jip wisata siap melayani pengunjung lereng Merapi

Jip wisata "lava tour" lereng Gunung Merapi Kabupaten Sleman. ANTARA/HO-Dinas Pariwisata Sleman

Sleman (ANTARA) - Sebanyak 1.000 armada jip wisata siap melayani kunjungan wisatawan di kawasan lereng Gunung Merapi Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), pada liburan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

"Wisata minat khusus lava tour menggunakan jip wisata di kawasan lereng Merapi masih menjadi primadona sebagian besar wisatawan kawasan Kaliurang dan Kaliadem," kata Ketua Umum Asosiasi Jeep Wisata Lereng Merapi (AJWLM) Daldiri di Kaliurang, Senin.

Pihaknya saat ini telah mempersiapkan 1.000 armada jip wisata untuk beroperasi menyambut wisatawan di lereng Merapi.

"Kami yakin pada musim liburan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 akan semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke kawasan lereng Merapi diantaranya kawasan Kaliurang, Kaliadem dan sekitarnya," kata Daldiri.

Ia mengatakan hal tersebut dikarenakan pada saat ini pascapandemi COVID-19 sudah terdapat kelonggaran yang signifikan sehingga menjadi fenomena positif terhadap minat wisatawan.

"Meskipun di luar hari libur akhir pekan, saat ini setiap hari tiada henti dapat dilihat lalu lalang jip wisata yang membawa wisatawan di kawasan lereng Merapi. Ini merupakan fenomena positif pascapandemi COVID-19," katanya.

Daldiri mengatakan AJWLM terdiri atas 29 basecamp yang tersebar di kawasan Kaliurang dan Kaliadem, dengan perincian 16 basecamp di kawasan Kaliurang dan 13 basecamp di kawasan Kaliadem dengan keseluruhan armada 1.000 jip wisata.

"Kesiapan armada tersebut juga diselaraskan dengan kesiapan fisik kendaraan yang telah dilakukan secara sinergis antara Dinas Perhubungan Sleman, Dinas Pariwisata Sleman, pihak kepolisian dan pihak-pihak terkait lainnya," kata Daldiri.

Pihaknya juga telah melakukan edukasi yang intensif terhadap para pengemudi untuk mengutamakan keselamatan wisatawan.

"Kami selalu mengimbau kepada para pengemudi agar senantiasa mengedepankan pelayanan terhadap wisatawan dengan mengutamakan aspek keselamatan," katanya.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Wasita mengatakan dengan upaya tersebut diharapkan wisata minat khusus lava tour menggunakan jip wisata di lereng Merapi akan senantiasa menjadi kenangan yang tak terlupakan bagi wisatawan.

"Selain tentunya destinasi-destinasi lain di lereng Merapi yang tak kalah menariknya," katanya.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024