Pura Mangkunegaran-PT garap potensi

id Pura Mangkunegaran, perguruan tinggi

Pura Mangkunegaran-PT garap potensi

Pura Mangkunegaran. ANTARA/Aris Wasita

Solo (ANTARA) - Pura Mangkunegaran Surakarta, Jawa Tengah, menggandeng sejumlah perguruan tinggi untuk menggarap potensi yang dimiliki internal istana peninggalan sejarah tersebut.

Tim Ahli Mangkoenagoro X R Christopher S Lebe di Solo, Selasa, mengatakan beberapa perguruan tinggi tersebut di antaranya Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, dan Universitas Ciputra.

Ia mengatakan kerja sama dengan UNS dilakukan di bidang penelitian dengan ruang lingkup antara lain penelusuran arsip, penerjemahan arsip, penyelenggaraan seminar, serta penelitian dan publikasi hasil penelitian.

Sedangkan dengan ISI Surakarta, kerja sama di bidang pengembangan seni budaya dengan ruang lingkup antara lain penelitian, pergelaran, dan pameran karya seni.

"Selain itu, juga pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka," katanya.

Selanjutnya, kerja sama dengan Universitas Ciputra mencakup beberapa aspek, di antaranya digitalisasi koleksi, perancangan infrastruktur dan desain interior, pengembangan produk pariwisata dan kuliner, serta penyelenggaraan art performance.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pura Mangkunegaran gandeng perguruan tinggi garap potensi internal