Pura Mangkunegaran Surakarta gelar kirab 1 Sura pikat wisatawan

id kirab 1 sura,pura mangkunegaran,kirab budaya

Pura Mangkunegaran Surakarta gelar kirab 1 Sura pikat wisatawan

Pengageng Praja Mangkunegaran KGPAA Mangkoenagoro X memberikan keterangan mengenai pelaksanaan kirab 1 Sura kepada wartawan di Solo, Jawa Tengah, Jumat (28/6/2024). (ANTARA/Aris Wasita)

Solo (ANTARA) - Pura Mangkunegaran di Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah, bersiap melaksanakan kirab 1 Sura pada Minggu (7/7) pukul 19.00 WIB untuk menyambut tahun baru dalam penanggalan Jawa.

Pengageng Praja Mangkunegaran KGPAA Mangkoenagoro X mengatakan bahwa sebagaimana pada tahun sebelumnya, kirab tahun ini akan dilaksanakan berpegang pada tradisi dan pakem.

"Namun dengan adanya penyesuaian, mengingat banyak yang hadir dan terlibat," katanya di Solo, Jumat.

Ia mengatakan bahwa rute kirab sudah diperpanjang. Sebelumnya peserta kirab hanya mengitari bangunan Pura Mangkunegaran, tetapi kini rute kirab sampai ke Jalan Slamet Riyadi.

"Kami menarik lebih jauh ke Ngarsopuro hingga Slamet Riyadi. Dengan dibangunnya koridor Ngarsopuro harapannya secara kebudayaan bisa lebih melibatkan masyarakat sekitar," katanya.



Sebagaimana sebelumnya, KGPAA Mangkoenagoro X menjelaskan, kirab 1 Sura mencakup tapa bisu atau berjalan dalam kesunyian.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pura Mangkunegaran Surakarta bersiap gelar kirab 1 Sura