Dibekap skandal suap, Barcelona tak disanksi

id liga spanyol,barcelona

Dibekap skandal suap, Barcelona tak disanksi

Ilustrasi logo klub Liga Spanyol, Barcelona. (ANTARA/Gilang Galiartha)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Liga Spanyol Javier Tebas menyatakan bahwa tidak akan ada sanksi olahraga yang dijatuhkan terhadap Barcelona setelah terungkap bahwa klub itu melakukan pembayaran terhadap perusahaan mantan pejabat penting perwasitan.

Perusahaan yang dimiliki oleh Jose Maria Enriquez Negreira, mantan wakil presiden komite teknik perwasitan, tersebut menerima total 1,4 juta euro dari Barcelona. Dalam keterangannya, Negreira mengatakan bahwa pembayaran itu diberikan masukan-masukan verbal perihal topik seputar perwasitan.

Tebas menyampaikan bahwa meski terdapat pelanggaran peraturan konflik kepentingan, Barcelona tidak dapat dihukum terkait masalah olahraga, meski klub itu mungkin masih berpeluang menghadapi tuntutan perorangan.

"Kami harus mengklarifikasi sejak awal, bahwa kami telah melihatnya - itu mustahil untuk menerapkan sanksi-sanksi disiplin olahraga karena lima tahun telah berlalu," kata Tebas dalam video yang dipublikasikan oleh operator Liga Spanyol yang dikutip AFP.

Ia menyatakan bahwa sanksi hanya dapat dijatuhkan jika rentang waktu kejadiannya selama tiga tahun.

Kantor jaksa penuntut umum mengonfirmasi kepada AFP bahwa pihaknya telah melakukan investigasi terkait hal itu, namun tidak memberikan detail lebih jauh.

"(Hukuman di bawah) yurisdiksi kriminal merupakan urusan lain. Sekarang kantor jaksa menginvestigasi apa saja yang terjadi dan apakah mungkin ada kegiatan kriminal korupsi antara sejumlah individu," tutur Tebas.

Federasi Sepak bola Spanyol (RFEF) mengatakan mereka telah meminta informasi dari Barcelona dan komite teknik perwasitan (CTA) perihal pembayaran tersebut.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Barcelona tidak akan dijatuhi sanksi olahraga terkait dugaan suap
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024