Suara gemuruh di langit Jakarta, ini penjelasan TNI AU

id TNI AU,HUT ke-77 TNI AU,Suara Gemuruh Pesawat,Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah,Lanud Halim Perdanakusuma

Suara gemuruh di langit Jakarta, ini penjelasan TNI AU

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah di Lanud Halim Perdanakusuma, Kamis (6/4/2023). (ANTARA/Narda Margaretha Sinambela)

Jakarta (ANTARA) - Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah menjelaskan terkait komentar warganet yang mendengar suara gemuruh pesawat tempur dari langit Jakarta dan sekitarnya.

Dia mengatakan suara gemuruh tersebut berasal dari latihan bersama dalam rangka upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 TNI AU di Lanud Halim Perdanakusuma.

"Manuver pesat pada saat sesaat sebelum melintas di Taxi Way Echo Lanud Halim Perdanakusuma itu, mereka ada holding pointnya, masing-masing ada yang di selatan di daerah Cibinong, di timur di Bekasi, ada yang sampai ke utara. Itu yang menyebabkan ada suara pesawat," ujar Indan di Lanud Halim Perdanakusuma, Kamis.

Ia juga menjelaskan ada simulasi air-to-air yaitu pesawat tempur terbang sangat rendah. Hal itu membuat masyarakat mendengar suara pesawat begitu keras.

"Karena memang terbangnya sangat rendah, ya (suara pesawat terdengar kuat) terutama masyarakat yang ada di sini," ujarnya.

Dia menjelaskan puncak peringatan HUT Ke-77 TNI AU akan dilaksanakan pada Minggu (9/4) di Lanud Halim Perdanakusuma.

Menurut dia, TNI AU akan menyiapkan titik-titik parkir di mana masyarakat dapat menggunakan Trans Halim untuk sampai langsung ke Lanud Halim Perdanakusuma. Ia mengaku tidak ada persyaratan khusus untuk mengikuti upacara peringatan HUT ke-77 TNI AU.





Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: TNI AU jelaskan suara gemuruh di langit Jakarta
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024