KEK Golo Mori perkuat pariwisata Labuan Bajo

id Puan Maharani, KTT ASEAN 2023, Golo Mori, Labuan Bajo

KEK Golo Mori perkuat pariwisata Labuan Bajo

Ketua DPR RI Puan Maharani meninjau kawasan meeting, incentives, conventions, and exhibitions (MICE) Golo Mori di Desa Golo Mori, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur yang sudah menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). (ANTARA/HO-DPR RI)

Jakarta (ANTARA) -
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani menyebut Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Golo Mori bisa memperkuat infrastruktur pariwisata di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.
 
“KEK Golo Mori ini bisa memperkuat infrastruktur pariwisata di Labuan Bajo. Dengan begitu potensi pariwisata di daerah ini akan meningkat dan membuka lahan bagi UMKM lokal mengembangakan usahanya,” kata Puan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.
 
KEK Golo Mori saat ini berada dalam pengembangan ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation). Karena itu, Puan berpesan agar ITDC tidak hanya berfokus pada pembangunan infrastruktur utama.
 
“Termasuk mementingkan fasilitas penunjang yang nantinya akan mempermudah wisatawan berkunjung ke KEK Golo Mori,” kata Puan.
 
Menurut dia, infrastruktur yang memadai dapat meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan daya saing suatu wilayah dalam menghadapi tantangan global.
 
Infrastruktur penunjang yang berkualitas, kata Puan, juga dapat mempengaruhi kualitas hidup masyarakat setempat dan daya tarik destinasi wisata.
 
“Pengembangan KEK Golo Mori dapat membuka peluang bagi masyarakat di NTT. Bukan hanya dari sisi SDM atau tenaga di pembangunannya, tapi juga melalui keterlibatan UMKM lokal, baik barang maupun jasa. Pada akhirnya itu akan berdampak positif untuk perekonomian daerah,” ujarnya.
 
Lebih jauh, dia mengatakan pengembangan destinasi wisata harus bisa menghasilkan manfaat ekonomi dan sosial untuk masyarakat dan lingkungan setempat. Keuntungan dari pengembangan itu juga harus dirasakan secara adil dan merata.
 
“Untuk itu, perlu dilakukan kolaborasi antara pemerintah, pengusaha, dan masyarakat lokal dalam mengembangkan pariwisata berkelanjutan yang dapat memberikan manfaat jangka panjang,” ungkap Puan
 
Puan di sela-sela kehadirannya dalam KTT ASEAN 2023, meninjau kawasan meeting, incentives, conventions, and exhibitions (MICE) Golo Mori di Desa Golo Mori, Manggarai Barat, NTT, pada Rabu (10/5).
 
Dalam kunjungan tersebut, Puan disambut oleh Direktur Utama ITDC MICE Golo Mori Ari Respati beserta jajarannya.
 
Selain itu, Puan juga bertemu perwakilan ASEAN Youth Standing Committee (YTC) sebagai bagian dari KTT ASEAN ke-42. Puan kemudian berbincang dengan perwakilan YTC dari Indonesia yang mayoritas dari mereka adalah mahasiswa.
 
 
 
 
 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ketua DPR sebut KEK Golo Mori bisa perkuat pariwisata Labuan Bajo
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024